Fakta Menarik tentang Radio di Indonesia yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Fakta Menarik tentang Radio di Indonesia yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Perkembangan Radio di Indonesia dari awal kemunculannya sampai fakta menarik tentang Radio, sampai Stasiun-stasiun Radio yang bermunculan di Indonesia.

Radio pada dahulu kala menjadi primadona masyarakat yang digunakan sebagai hiburan, sumber informasi, sampai masuk pada eranya Radio menjadi trend di masyarakat dan menjadi bahan pembicaraan.

Tentu Radio telah menjadi teman perjalanan kamu dalam waktu yang lama, tak heran dari beberapa Radio sudah berdiri sejak kamu lahir sampai sekarang ini.Nah, tahu ga sih kamu Fakta menarik tentang Radio? Dan bagaimana perkembangannya?

Berikut ini Fakta-fakta Menarik Tentang Radio di Indonesia yang harus kamu ketahui:

  • Radio pertama Indonesia muncul pada 11 September 1945 yang dikenal dengaN Radio Republik Indonesia (RRI).
  • Pengucapan Proklamasi Indonesia yang disiarkan melalui Radio RRI (Radio Republik Indonesia) oleh Jusuf Ronodipuro.
  • Munculnya sandiwara atau drama Radio di era 1980-an.  Saur Sepuh, Misteri Gunung Merapi, Tutur Tinular adalah drama terkenal yang yang populer di masyarakat.
  • Daya imajinasi meningkat karena radio pada saat itu. Bagaimana tidak, seringkali dengan hanya mendengar cerita tanpa melihatnya, kita langsung membayangkan skenario yang terjadi.
  • Warkop DKI terkenal diawali dengan lawakan di Radio lalu berlanjut ke media TV.
  • Radio unik asal Indonesia Temanggung pernah meraih penghargaan Internasional Design Resource Award di Seattle, AS, pada tahun 1997
  • Farhan, Indy Barends, Sarah Sechan, Arie Dagienkz, Ringgo Agus Rahman, Fitri Tropika, Desta, Pandji Pragiwaksono, dan Choky Sitohang memulai karirnya di perindustrian Radio dan berakhir menjadi selebritis.
  • TRAX FM Semarang pernah siaran on-air secara menggantung dari ketinggian 6 meter selama 3 jam, 14 menit tahun 2011, mereka bisa masuk rekor MURI.
  • Farhan dan Indy Barends menjadi penyiar talk show pertama di Indonesia dengan waktu siaran selama 32 jam dan merekapun masuk Rekor Muri.
  • Penyiar Gofar Hilman memecahkan rekor siaran radio terlama di Hard Rock FM selama 34 jam, yang sebelumnya dipegang penyiar senior Indy Barends dan Farhan pada 2001 selama 32 jam, sekaligus mengumpulkan donasi sebesar Rp174 juta untuk pembangunan sekolah rusak akibat bencana alam.

Beberapa Stasiun Radio yang ikut mempopulerkan Radio Indonesia sampai saat ini.

Fakta menarik tentang Stasiun Radio yang ada hingga saat ini.

1. Trax FM

Hallo anak Trax! Bagi anak Trax pasti udah hafal banget jadwal apa aja yang bakal siaran tiap harinya. Anak Trax bakal dihibur dengan berbagai segmen menyenangkan dan informatif mulai dari informasi lalu lintas, lagu-lagu yang super kece dan berbagai interaktif games seru. 

Faktanya, dulu Trax FM semarang pernah siaran on-air secara menggantung dari ketinggian 6 meter selama 3 jam, 14 menit tahun 2011, dan mereka masuk rekor MURI loh!

2. Prambors

Hallo Kawula Muda Prambors! Dengan format musik Contemporary Hits Radio (CHR), penyiar yang seru serta konten up-to-date, Prambors akan selalu siap menghibur Kawula Muda di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Manado. 

DGITM, DJ-SHOW, SUNSET TRIP dan NIGHTSHIFT akan selalu nemenin aktifitasmu di Senin sampai Jumat. Di Sabtu dan Minggu, ada PRAMBORS WEEKEND VIBEZ, AMERICAN TOP 40 dan ASIA POP 40 yang akan bikin weekendmu lebih menyenangkan. Prambors Radionya musik anak muda banget deh!

3. Hard Rock 87.6 FM

Siapa yang ga kenal Gofar Hilman? Pasti kamu kenal salah satu penyiar satu ini kan? Yup, Penyiar Hard Rock FM satu ini faktanya pernah memecahkan rekor siaran radio terlama di Hard Rock FM selama 34 jam, yang sebelumnya dipegang penyiar senior Indy Barends dan Farhan pada 2001 selama 32 jam loh.

Hard Rock FM adalah radio yang berbicara tentang lifestyle dan hiburan di Indonesia yang memberikan berbagai informasi terkini seputar trend kepada pendengarnya. Walaupun namanya terdengar “segmented” tetapi Hardrock FM memberikan lagu-lagu bukan hanya untuk satu kalangan saja. Disiarkan oleh Ary Kirana dan Gofar Hilman, dan penyiar lainnya kamu akan merasa radio ini “gw banget”.

5. Cosmopolitan FM

Radio yang disiarkan bagi para kaum wanita. Radio ini ada sebagai salah satu platform radio bagi para wanita untuk selalu percaya diri dan juga terdepan.Pendengar Cosmopolitan FM adalah wanita yang bersemangat saat ini, wanita dengan banyak mimpi, ambisi, dan aspirasi. Mereka mencari kesenangan, kebahagiaan, dan inspirasi yang akan meningkatkan gaya hidup dan hubungan mereka.

6. I Radio

I Radio merupakan radio yang menyuguhkan 100% musik Indonesia dengan konten siaran yang mengangkat semua hal baik dan keren tentang Indonesia. Walaupun terdengar kaku radio satu ini cocok untuk kamu yang suka dengan obrolan-obrolan serius tapi dibawakan dengan ringan.

Oleh karena itu Radio ini memang informatif bagi kalangan muda dan tua.Dengan menyajikan sejumlah informasi bermutu yang aktual dan faktual, diharapkan I-Listeners bisa memperoleh informasi yang lengkap.

7. Brava Radio 138,8 FM

Brava Radio adalah radio yang memberikan konten bisnis, dan memberikan lagu-lagu yang hangat dan nyaman ditelinga. Kami menyebutnya The Smoothest Sound on Radio. Brava Listeners biasanya kelompok pria dan wanita berumur 30 ke atas. Tapi untuk kamu yang masih di bawah 30an jangan khawatir karena Radio satu ini sangat mengedukasi tentang Career, passion, dan juga lifestyle loh!

8. Bahana FM

Satu lagi radionya anak muda Jakarta yang mempunyai broadcaster yang bawel banget ga bikin ngantuk yaitu Tika Pangabean, kang Ujo, dan Chester Aditya. Radio ini menyajikan lagu-lagu hits dalam negeri ataupun mancanegara serta sajian informatif hits lainnya seputar lifestyle maupun cerita menarik dari setiap penyiarnya.

9. Delta FM

Delta FM salah satu radio yang sudah berdiri sejak dulu. Populer dengan para pendengar yang dewasa dan well established dengan diiringi lagu Jazz campuran yang calming banget, sekarang meremajakan dirinya menjadi Radio anak muda yang merubah formatnya menjadi lebih dinamis di era ’90-an dan 2000-an. Lagu-lagu yang diputar juga bukan segemented lagi loh! namun lebih casual dan general, yang penting semuanya bisa denger dan tetep menggunakan tagline “100% Lagu enak”

10. Elshinta FM

Pada akhirnya kamu semua menemukan salah satu radio dengan kaum segmented. Yup, Elshinta FM merupakan radio yang memiliki program khusus untuk memberikan berita aktual maupun berita informatif lainnya. Elshinta FM ingin memberikan gambaran situasi terkini agar kamu dapat melakukan keputusan yang harus kamu ambil setelah liat situasinya. Pokoknya jika kamu menyalakan elshinta di mobil kamu, kamu bakal tau informasi baru entah itu lalu lintas, ekonomi, lifestyle maupun hal-hal menarik lainnya.

11. Female Radio FM

Berdiri sejak 1898 dengan tagline “Radio Perempuan Nomer 1 di Indonesia” Female Radio eksis dikalangan kaum feminis dengan menawarkan acara-acara menarik seputar perempuan. Female radio juga punya acara menarik seperti “Happy morning besties” dipandu oleh Ben Kasyafani dan Sissy Prescillia. Ada juga program primetime sore “Female After Glow” yang dipandu oleh Poppy Sovia dan Nina Tammam.

Berikut tadi adalah Fakta menarik radio di Indonesia Sahabat. Tentunya radio masih menyajikan cerita-cerita menarik dengan musik-musik yang up to date loh! Bingung mau dengerin siaran radio dimana? Jangan khawatir, di Vidio streaming Radio live sekarang gampang banget! Kamu tinggal langganan Vidio dan kamu bisa langsung mendengarkan celotehan para penyiar yang dijamin kocak dan tentunya menginspirasi! Yuk tunggu apalagi dengarkan radio kesayangan kamu di Vidio!

Related Posts

Vote Aktor dan Aktris Pilihanmu untuk Menang SCTV Awards 2020 di Aplikasi Vidio!

Vote Aktor dan Aktris Pilihanmu untuk Menang SCTV Awards 2020 di Aplikasi Vidio!

Kapan Lagi Nonton Film Original Gratis? Hanya Di Ulang Tahun Vidio yang Keenam!

Kapan Lagi Nonton Film Original Gratis? Hanya Di Ulang Tahun Vidio yang Keenam!

Ketemu Artis Impian Dengan Meet & Greet LIVE Bersama NOAH di Vidio

Ketemu Artis Impian Dengan Meet & Greet LIVE Bersama NOAH di Vidio

Serbu Konser Tiket Noah Disini

Serbu Konser Tiket Noah Disini

1 Comment

  1. Dahulu era 80an ada yang namanya tangga lagu pop indonesia, ada juga THPI. Adakah radio atau koran yang punya file atau website gitu.
    Kalo ada yang tahu mohon infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags