Google Cloud On Boarding

Pada 23 Juli 2017 lalu, kami mengunjungi Google Cloud (GC) onboarding di Ballroom The Ritz Carlton, Jakarta. Ini adalah sebuah event yang menarik dan kami mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang Google Cloud dan layanannya.

Pembicara utama, Jason Baker, memperkenalkan kami dengan beberapa Google Cloud Platforms (GCP). Secara garis besar layanan dari GCP dikelompokan menjadi 6 buah, yaitu compute, network, storage, tools, big data and machine learning.

Compute Platform

Di bidang compute platform, GCP mempunyai 4 buah layanan, yaitu Compute Engine, Container Engine, App engine and Cloud functions (masih dalam tahap beta). Saat ini App Engine masih hanya mendukung aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa Java, Go, PHP, Python and Ruby.

Network Platform

Cloud Virtual Network, Cloud Interconnect, Cloud DNS, Cloud Balancing dan Cloud CDN adalah layanan-layanan Google di bidang jaringan. Google mempunyai jaringan internet sendiri yang terbentang ke seluruh dunia, mulai dari domain registrar, DNS, deployment manager hingga ke server. Jadi kalau ada gangguan di jaringan internet publik, aplikasi di GCP tetap dapat berjalan dengan baik.

Storage Platform

Kita bisa menggunakan layanan untuk menyimpan blob file dengan Cloud Storage, data terstruktur menggunakan Cloud SQL, data tidak terstruktur menggunakan Cloud Datastore dan big data menggunakan Cloud Bigtable. Ada juga relational database yang dapat di scale secara horizontal yaitu Cloud Spanner (masih dalam tahap beta)

Tools

GCP menyediakan tools untuk melakukan pemantauan dan kegiatan pendukung untuk mempermudah melakukan maintenance dan monitoring aktifitas layanan. Layanan-layanan tersebut adalah Cloud Source Repositories, Deployment Manager and Stackdriver. Kita juga bisa mengintegrasikan Stackdriver dengan layanan cloud lainnya seperti Amazon Web Services untuk membantu kita dalam proses monitoringlogging dan diagnosa. Google juga meluncurkan layanan git repository di GCP dengan nama Cloud Source Repositories (saat ini masih beta)

Big data

Ini adalah salah satu bagian yang cukup menarik. Untuk memproses dan menganalisa data riwayat pasien yang sangat besar dan kompleks yang biasanya membutuhkan kurang lebih 8 jam dapat diselesaikan hanya dalam 15 dengan BigQuery. Hal ini sangat luar biasa, mungkin nanti salah satu tim dari KMKLabs dapat menceritakan pengalamannya mengimplementasikan BigQuery ini di BBM. So, stay tune!

Layanan lainnya untuk big data adalah Cloud Pub/Sub untuk many-to-many asynchronous messaging, Cloud Dataflow untuk proses batch and streaming, Cloud Dataproc untuk memproses data besar menggunakan Hadoop (hanya dibutuhkan 90 detik saja untuk membuat cluster baru) and Cloud Datalab untuk membantu analysis and visualisasi.

Machine Learning

Ini adalah sesi terakhir yang dibicarakan. GCP menyediakan beberapa layanan model machine learning untuk pengenalan citra (vision), pengenalan suara (speech), penerjemahan dan pemrosesan bahasan natural (NLP). Kita dapat membuat banyak produk unik dan kreatif dengan layanan ini tanpa perlu melakukan penelitian dan membuat model sendiri terlebih dahulu.

Jika kamu tertarik untuk eksplorasi GCP dan menjadi pakar dari layanan-layanan tersebut kamu bisa mengambil pelatihan dan sertifikasi. Berikut adalah link-link yang bisa dikunjungi.

Atau…

Kamu dapat join di KMK & BBM untuk mencoba dan belajar bersama mengimplementasikan layanan-layanan tersebut di real world problem. Kami mempunyai hubungan yang spesial dengan Google Cloud.

Komitmen kami terhadap GCP sangat besar, dan kami sedang membuat BBM lebih efisien dan lebih baik lagi dengan memindahkannya ke GCP. Kami pasti menyediakan resource-resource untuk seluruh engineers di KMK untuk mencoba dan “bermain”.

Related Posts

Streaming Festival Disrupto Exploration and Experimentation 2020

Streaming Festival Disrupto Exploration and Experimentation 2020

Resiko Berbahaya menggunakan VPN gratisan di Laptopmu!

Resiko Berbahaya menggunakan VPN gratisan di Laptopmu!

Part II — Understanding about RuleChain

Mengenal dasar RxSwift

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags