Diego Maradona Meninggal, Ini 10 prestasi Diego Maradona si Tangan Tuhan

Diego Maradona Meninggal, Ini 10 prestasi Diego Maradona si Tangan Tuhan

Diego Maradona atau dengan nama lengkap Diego Armando Maradona merupakan pesepakbola yang berasal dari Argentina. Ia merupakan gelandang serang yang pernah berlabuh bersama beberapa tim besar Spanyol dan juga Argentina, sebut saja Boca Juniors dan Barcelona. Pemain sepak bola satu ini bisa dikenal dengan gol maradona yang dijuluki dengan gol tangan Tuhan. Pada saat itu merupakan partai final Piala Dunia 1986 yang mempertemukan Argentina vs Inggris. Maradona sendiri merupakan salah satu legenda tim tango Argentina yang pada sebelumnya juga juga pernah tampil di piala Dunia 1982. Saat itu ia mampu tampil cemerlang dalam semua pertandingan di Piala dunia walaupun harus kalah dari Italia dengan skor 1-2 dan Brazil 1-3.

Baca Juga Informasi AC Milan Terbaru, Jadwal Pertandingan AC Milan dan Video Highlightsnya 

Wafatnya Diego Maradona

Kabar mengejutkan datang dari pesepak bola legenda Argentina Diego Maradona. Ia dikabarkan meninggal dunia pada hari Rabu, 25 November 2020 di rumahnya. Kabar terkini dari Diego Maradona yaitu penyebab kematiannya yang diduga mengalami pembekuan darah di otak atau biasa dikenal nama latinnya Subdural hematoma. Keberadaan penyakit tersebut diketahui pada saat Maradona di bawa ke rumah sakit pada awal November di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina. Maradona sempat dilarikan ke rumah sakit akibat gejala yang ia rasakan yaitu anemia dan dehidrasi. 

Wafatnya Maradona tentu menjadi berita duka dunia, khususnya penggemar sepak bola. Pemerintah Argentina menetapkan tiga hari berkabung nasional untuk menghormati sang legenda Tango Diego Maradona. Untuk mengenang sang legenda Argentina tersebut, di bawah ini pencapaian dan prestasi yang pernah Diego Maradona lakukan.

Baca Juga Streaming Sports Bersama Champions TV Makin Lengkap Dengan Streaming Liga Champion dan Streaming Badminton

10 Pencapaian dan Prestasi Diego Maradona

Pria asal Argentina ini memang akrab dengan kontroversi, mulai dari penggunaan doping pada saat bermain hingga mengkonsumsi narkoba setelah ia pensiun. Selain narkoba Diego juga kecanduan alkohol serta sex bebas. Terlepas dari semua itu Maradona adalah seorang legenda yang dikenal di seluruh penjuru dunia. Berikut ini adalah prestasi Diego Maradona di dalam dan diluar lapangan yang perlu kamu ketahui.

1. Penghargaan Nama Stadion Dari Argentinos Juniors

Argentinos Juniors merupakan klub sepak bola Argentina yang berbasis di kota La Paternal, Buenos Aires. Karir awal dari Maradona yaitu dimulai dari umur 10 tahun bersama klub Argentinos Juniors. Klub satu ini rela mengubah stadion mereka menjadi Stadion Maradona pada tahun 2003.

2. Menjadi Anak Tertua dari 8 Bersaudara

Lahir di lingkungan Villa Fiorito, Buenos Aires Maradona sempat dilarang bermain sepak bola dan sempat dilarang mengikuti tes uji coba klub Argentinos Juniors. Diego adalah anak tertua dikeluarganya dan diharapkan menjadi anak yang dapat menafkahi adik-adiknya lewat pekerjaan yang lebih jelas.

3. Gaya Bermain Maradona yang Tiada Duanya

Maradona memiliki badan yang tangguh dan kekar, walaupun ia tidak terlalu tinggi pada ukuran pemain sepak bola. Maradona mempunyai penguasaan bola yang hampir sempurna, trademark Maradona diantara sprint membawa bola dari sayap lapangan sambil melewati beberapa orang dan melakukan umpan Rabona (menyilangkan kaki berlawan di belang kaki untuk menendang bola). Teknik Rabona hingga saat ini sering dilakukan oleh para pemain khususnya pemain Brazil, Argentina, Mexico dll.

Baca Juga Streaming Bein Sports, Dukung Tim Favorit Makin Pol Nonton di Vidio dengan Harga Murah.

4. Raihan Piala Untuk Klub Tim

Semasa hidupnya pemain Argentina satu ini pernah membela beberapa klub lokal dan juga mancanegara. Ia juga ikut serta 2 kali mengikuti pagelaran FIFA Piala Dunia. Bersama Boca Juniors ia pernah menjadi juara Primera Division (1981), bersama Barcelona ia pernah menjuarai 3 gelar sekaligus yaitu Copa del Rey, Copa de la Liga, dan Supercopa de Espana (1983), tidak hanya sampai disitu, bersama Napoli Italia ia pernah mengangkat trofi 5 kali yaitu Serie A (1987,1990), Coppa Italia (1987), UEFA Cup (1989), dan Supercoppa Italiana (1990). Tidak hanya berkontribusi untuk klub, namun ia juga pernah sekali membawa Argentina menjadi runner up dan juga juara. Argentina Juara (1986), Argentina runner up (1990).

5. Pernah Menjadi Penulis

Setelah pensiun, pada tahun 2000 Maradona mem-publish otobiografinya yang berjudul Yo Soy El Diego (Akulah Diego). Buku yang ia luncurkan tersebut menjadi best seller di Argentina. Lebih mulianya lagi Maradona mempersembahkan sebagian royalti penjualan buku ini kepada rakyat Kuba dan Fidel.

6. Menjadi Pelatih Argentina

Pada 2008 menjadi bagian hari terindah untuk gelandang serang Argentina satu ini. Secara mengejutkan ia terpilih menjadi kepala pelatih Argentina pada saat itu. Namun sayang ia harus dipecat lantaran hanya dapat mengantarkan Argentina sampai babak perempat final dan harus mengakui kekalahan dari Jerman dengan skor telak 4-0.

Baca Juga Promo Blibli Diskon 25% Untuk Langganan VIDIO, Nonton Bola Gak Kepikiran Tagihan Lagi!

7. Segudang Penghargaan

Tentunya dikenal sebagai legenda Argentina, Maradona mempunyai segudang penghargaan entah dari FIFA ataupun organisasi bola lokal, seperti FIFA Goal of the Century” (1986 (2–1) v. England; second goal): 2002, Best Footballer in the World Onze d’Or: 1986, 1987, World Player of the Year (World Soccer Magazine): 1986, Capocannoniere (Serie A top scorer): 1987–88, American Footballer of the Year (El Mundo, Caracas):1979, 1986, 1989, 1990, 1992, Italian Guerin dan masih banyak lagi.

8. Pahlawan Bagi Napoli

SSC Napoli adalah klub Italia yang berbasis di Napoli, Campania. Diego Maradona menjalani laganya setelah terbuang dari Barcelona bersama Napoli. Mulai dari tahun 1984 hingga 1991. Yang bikin tambah melekat adalah Diego merupakan salah satu former utama yang membawa Napoli pada saat itu juara pertama kali Liga Serie A Italia pada tahun 1987 dan mengukir sejarah dengan meraih 5 juara dalam kurun waktu yang singkat. Tidak heran wafatnya Diego Maradona juga ditangisi di kota Naples, Italia.

Foto Diego Maradona di Tembok-tembok sekitaran lingkungan Napoli

9. Memperjuangkan Hak-hak Pemain, dan Berkontribusi Menghapus Korupsi di FIFA

Banyak yang tidak diketahui bahwa ternyata Diego banyak berkontribusi di bidang politik. Pemain Argentina satu ini memang dekat dengan tokoh sosialis Amerika latin yang membuat Diego mempunyai rasa kemanusiaan dan sikap tegas terhadap praktek korupsi. Selain itu juga pada akhir 1990-an bersama sejumlah pemain bintang lainnya Maradona tidak segan-segan membentuk Asosiasi Internasional Pemain Sepak Bola Profesional yang berfungsi melindungi hak-hak pemain.

10. Salah Satu Atlet Dunia yang Go Public Pro Terhadap Palestina

Tumbuh di lingkungan yang kumuh, berkulit coklat, dan mempunyai latar belakang yang miskin merupakan salah satu pendorong Maradona mencintai rakyat Palestine. “Dalam hati saya, saya adalah orang Palestin. Saya pembela rakyat Palestin, saya menghormati mereka, bersimpati pada mereka, dan saya mendukung Palestina tanpa rasa takut,” ujar Maradona terang-terangan di media sosialnya, dikutip dari koran Sindo. Bagi rakyat Palestine Maradona bukan hanya seorang legenda sepak bola namun lebih dari itu, ia adalah harapan untuk hidup lebih baik lagi mengingat banyak orang besar yang peduli dengan rakyat Palestine dan salah satunya Diego. Diego Maradona kerap kali mengungkapkan kekecewaannya terhadap Israel dan selalu berkomentar suportif terhadap rakyat Palestin.

Kepergian Maradona tentunya meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh dunia. Namun harapan dan prestasi sang legenda Tango ini akan tetap dikenang. Selamat jalan sang Legenda, rest in peace Maradona. 

Tonton juga cara tim Argentina Boca Junior mengenang Diego Maradona.

Segera Nonton film & streaming sports dengan harga terjangkau dan anti iklan hanya dengan berlangganan premier platinum menggunakan promo e-commerce dari Vidio. Berlangganan sekarang dan nikmati jutaan konten film menarik mulai dari drakor, Sinetron SCTV, streaming bola & Sports dan masih banyak lagi yang dapat kamu nikmati di Vidio. Tunggu promo dan rekomendasi film lainnya hanya di sini. Nonton Hemat Gak Pake Ribet Hanya di Vidio!

Artikel Terkait

Jadwal Lengkap Streaming BRI Liga 1 2021 Pekan Kedelapan

Jadwal Lengkap Streaming BRI Liga 1 2021 Pekan Kedelapan

Live Streaming NBA 2021/22, Nets Vs Bucks dan Warriors Kontra LA Lakers

Live Streaming NBA 2021/22, Nets Vs Bucks dan Warriors Kontra LA Lakers

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *