Data Science Indonesia Bootcamp: Grand Launching

FullSizeRender

Tahun ini, Data Science Indonesia (DSI) bekerja sama dengan Ventura Lab mengadakan DSI Bootcamp untuk pertama kalinya. DSI Bootcamp merupakan program training di bidang data science yang diadakan selama 6 bulan dan terbagi dalam dua jenis kegiatan. Tiga bulan pertama adalah kegiatan belajar di kelas dan tiga bulan lainnya adalah mengerjakan capstone project terkait Data Science. Sabtu, 9 April lalu diadakan acara Grand Launching dari program ini.

Acara dibuka dengan sambutan dari Setiaji, Head of Jakarta Smart City — Pemprov DKI Jakarta yang sangat mendukung terlaksananya acara Bootcamp ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Yanti Nisro selaku Advisor dari komunitas Data Science Indonesia. Selanjutnya adalah sambutan dari Arif Musta’in selaku EGM Digital Service Telkom Indonesia yang banyak menjelaskan tentang program inkubator startup yang diadakan oleh PT Telkom. Beliau juga menyampaikan bahwa potensi di bidang data science saat ini cukup besar dan meng-encourage didirikannya startup di bidang data science.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan Ventura Lab, Daniel Riveong yang menjelaskan tentang perusahaan yang dipimpinnya. Beliau menyampaikan bahwa potensi terbesar Indonesia berada pada pemuda-pemudanya, dan itulah mengapa perusahaannya, Ventura Labs sangat mendukung diselenggarakannya acara ini. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Data Science Indonesia Fajar Pahrul Jaman yang menceritakan proses terbentuknya DSI dan visinya yang ingin menjadikan DSI sebagai sebuah yayasan sehingga dapat lebih mengembangkan data science di Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan kurikulum dari program bootcamp ini oleh salah satu panitia. Sesi belajar di kelas berlangsung setiap dua hari dalam satu minggu, yaitu setiap hari Rabu dan Sabtu di kantor KMKLabs, SCTV Tower. Materi yang diajarkan berupa materi yang terkait dengan kebutuhan Data Science, seperti Basic Statistic, Machine Learning, Data Mining, dan lain lain. Selain itu akan diajarkan juga cara mempresentasikan data dengan baik.

Untuk capstone project, para peserta akan diminta untuk memilih proyek yang disubmit ke DSI dari berbagai organisasi (baik lembaga pemerintahan maupun perusahaan). Capstone project inilah yang nantinya menjadi sarana bagi peserta untuk menunjukkan hasil dari pembelajaran di kelas. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk membangun koneksi kepada pihak-pihak praktisioner data science. Pada akhir masa training, akan diberikan sertifikasi data scientist profesional kepada peserta yang telah mengikuti training dengan baik dan dianggap memenuhi kriteria.

Acara kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol dibukanya rangkaian DSI Bootcamp ini serta foto bersama.

Related Posts

Nonton Konser dan Galang Dana Lewat Konser Satu Cara

Nonton Konser dan Galang Dana Lewat Konser Satu Cara

Ikuti Keseruan Nonton Live Stream Fest Vol. 2 di Vidio!

Ikuti Keseruan Nonton Live Stream Fest Vol. 2 di Vidio!

Seru-Seruan dengan Streaming #TAYTB  Live Stream Fest di Vidio

Seru-Seruan dengan Streaming #TAYTB Live Stream Fest di Vidio

[SIARAN PERS] INDONESIAN BOX OFFICE MOVIE AWARDS 2020 DITUNDA PENYELENGGARAANNYA

No Comment

Leave a Reply