Film Keluarga Cemara- Pesan Manis dari Keluarga Cemara Tentang Kehidupan

Film Keluarga Cemara- Pesan Manis dari Keluarga Cemara Tentang Kehidupan

Film Keluarga Cemara – Film yang mengisahkan tentang keluarga kecil yang beranggotakan 4 orang yaitu Abah, Emak, Euis, dan Ara. Sudah biasa hidup berkecukupan di Ibu Kota Jakarta kini mereka harus menerima kenyataan untuk tinggal di desa dengan keadaan yang serba kekurangan akibat bisnis Abah yang bangkrut.

Film yang dirilis pada Januari 2019 lalu menceritakan bagaimana keluarge kecil tersebut berusaha bangkit dari keterpurukan mereka. Tentu saja film ini sangat kaya akan pesan yang bisa kita ambil. Film yang disutradarai oleh Yandi Laurens ini menghadirkan berbagai masalah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Perusahaan Abah yang Bangkrut

Abah merupakan seorang direktur dari perusahaan konstruksi.  Karena tuntutan pekerjaan membuat abah sulit meluangkan waktunya untuk bersama dengan keluarga. Hingga pada suatu hari perusahaannya mengalami defisit. Ternyata mitra dari perusahaannya yaitu kakak iparnya melakukan investasi yang menyebabkan perusahaannya bangkrut.

Akibatnya semua kekayaan Abah harus disita termasuk rumah dan seluruh isinya. Hal tersebut membuat Abah dan keluarganya harus pindah ke kampong halaman Abah di Jawa Barat. Mereka tinggal dirumah kecil dengan yang minimalis.

Baca Juga : Film Keluarga Cemara, Sebuah Ilustrasi Family Comes First yang Sesungguhnya

Dengan pindahnya mereka ke tempat baru, semua anggota keluarga harus banting setir dan harus memulai hidup baru disana. Setiap scene  yang ditayangkan akan mengambil emosional penontonnya karena mengandung banyak pesan yang sering kita hadapi dikehisupan sehari-hari. Berikut Pesan Moral dari yang bisa kita ambil dari film ini/

  • Bahagia Bukan Hanya Tentang Seberapa Kaya Dirimu

Film ini digambarkan bahwa keluarga ini dahulu sangat kaya namun mereka sangat jarang untuk bertemu. Khususnya sang Abah yang sangat sibuk dengan pekerjaannya yang membuatnya lupa kalau keluarganya juga memerlukan sosok ayah yang hadir dalam hari istimewa mereka.

Dalam film ini juga diceritakan kalau sang abah beberapa kali tidak bisa menghadiri kegiatan sekolah anak-anaknya yang membuat anaknya merasa sedih dan kecewa akan abah. Berbeda pada saat mereka berada dirumah kecil didesa yang dimana Abah sudah tidak berkerja kantoran lagi sehingga membuat Abah memiliki waktu yang banyak bersama dengan keluarga. Mereka menghabiskan waktu bersama dengan bercengkrama dan tertawa bersama.

Dari sini kisah singkat ini kita bisa melihat bahwa tidak semua kebahagiaan bisa dibeli menggunakan uang.  Terladang kehadiran seseorang yang special lebih berarti daripada harta.

  • Kerja Keras dan Tanggung Jawab Adalah Kelebihan Seseorang

Setelah pindah ke desa kampong halaman Abah. Abah yang merupakan kepala rumah tangga langsung bekerja sebagai buruh pabrik yang sebelumnya ia merupakan direktur perusahaan. Abah yang tidak ingin keluarganya kesulitan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Setelah mengalami kecelakaan Abah langsung mencari pekerjaan baru yaitu sebagai ojek online. Dari kisah Abah kita bisa merasakan sifat tanggung jawab yang Abah miliki, ia terus bekerja keras untuk keluarganya agar dapat membuat mereka merasa tidak kekurangan.

  • Apa Yang Terlihat Buruk Tidak Selamanya Buruk

Ara yang merupakan anak bungsu dari keluarga tersebut akan melaksanakan pentas seni disekolahnya. Ara dipilih menjadi Pohon Cemara, Ara sangat tidak suka menjadi pohon ia ingin menjadi Ratu atau Princess. Namun sang Abah mengingatkan dan menasehati Ara kalau tidak semua yang terlihat buruk menurutmu benar-benar buruk.

Begitupun Euis yang merupakan anak pertama, ia merupakan anak yang memiliki bakat menari. Sebelumnya ia diberitahu oleh teman-temannya bahwa akan ada perlombaan menari lagi, Euis ingin pergi ke Jakarta namun Abah melarangnya. Euis yang diam-diam pergi ke Jakarta harus melihat bahwa ia telah digantikan dengan orang baru dalam kelompoknya. Segala yang kita lihat buruk belum tentu benar adanya, kadang kita harus melihat dari berbagai sisi untuk melihat kebaikan yang terdapat didalamnya.

Itulah tadi beberapa pesan yang bisa kita dapatkan saat menonton film ini. Lalu, bagaimanakah keluarga kecil tersebut bisa mengatasi semua masalah mereka? Akankah mereka dapat bertahan di desa kecil tempat mereka tinggal sekarang?  Kamu bisa streaming film keluarga cemara di Vidio untuk tahu jawabannya!

Artikel Terkait

Alur Cerita Film Dancing In The Rain, Ketika Dimas Anggara Berperan Sebagai Anak Autis

Alur Cerita Film Dancing In The Rain, Ketika Dimas Anggara Berperan Sebagai Anak Autis

Sinopsis Film I Love You Mas Bro, Kisah 4 Saudara yang Berusaha Lolos Dari Hutang Orang Tua

Sinopsis Film I Love You Mas Bro, Kisah 4 Saudara yang Berusaha Lolos Dari Hutang Orang Tua

Review Film ILY From 38.000 FT, Perjuangan Aletta Meluluhkan Dinginnya Sifat Arga

Review Film ILY From 38.000 FT, Perjuangan Aletta Meluluhkan Dinginnya Sifat Arga

Rekomendasi Film Adhisty Zara di Vidio, Dua Garis Biru dan Keluarga Cemara

Rekomendasi Film Adhisty Zara di Vidio, Dua Garis Biru dan Keluarga Cemara