Rekomendasi Film Spesial Kemerdekaan Indonesia, Nonton Film Sambil Belajar Sejarah

Rekomendasi Film Spesial Kemerdekaan Indonesia, Nonton Film Sambil Belajar Sejarah

Rekomendasi Film Sejarah – Dalam rangka menyemarakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kita sebagai rakyat yang sedang bersuka cita pasti merayakan dengan membuat pesta. Mulai dari upacara bendera hingga mengadakan perlombaan di sekitar rumah.

Karena kondisi masih belum memungkinkan untuk melakukan kegiatan di luar rumah dan berkumpul, mengapa tidak merayakan dengan cara yang berbeda namun tetap memberikan manfaat. Ya, apalagi kalau bukan nonton film Indonesia spesial Kemerdekaan. 

Walaupun cuma nonton film, tapi kita bisa sekaligus belajar tentang sejarah melalui plot cerita yang memang diangkat dari peristiwa masa lalu ini, Sobat. Langsung saja Vidio rangkum rekomendasi film sejarah spesial Kemerdekaan Indonesia di bawah ini.

Baca juga: 5 Film Ini Pasti Kamu Ingat, Nonton Streaming Film Legendaris Indonesia di Vidio

1. Soekarno

Tak lengkap rasanya kalau belum nonton film bersejarah dari tokoh proklamator Indonesia yaitu Soekarno. Selain membahas sejarah tokoh presiden pertama Indonesia, film Soekarno juga mengajak kita melihat bagaimana proses dibalik Kemerdekaan RI. Menonton film ini bisa membantu kamu yang mungkin kesulitan mengingat sejarah kemenangan Indonesia.

2. Kartini

Film tentang tokoh sejarah selanjutnya adalah Kartini. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo yang memerankan sosok R.A Kartini. Seperti yang kita ketahui, Ibu Kartini sendiri berjuangan untuk menyuarakan kesetaraan gender. Salah satunya adalah hak pendidikan yang setara untuk wanita. Selain berjuang tentang emansipasi wanita, Kartini juga berusaha menciptakan lapangan pekerjaan untuk kaum hawa pada masanya.

3. Gie

Untuk film yang satu ini mungkin sudah jauh setelah Indonesia merdeka. Tapi bukan berarti film Gie nggak bisa dimasukan ke dalam waiting list kamu selanjutnya. Masih bertemakan suara kemerdekaan, film Gie menceritakan perjuangan tokoh berpengaruh Soe Hok Gie. Melalui film ini, sosok Gie digambarkan sebagai aktivis yang mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih kritis dalam melihat masalah bangsa sesungguhnya yang terjadi pasca-kemerdekaan. 

4. Sang kiai

Film Indonesia tentang sejarah yang berikutnya datang dari zaman penjajahan Jepang. Seperti judulnya, film Sang Kiai merupakan film perjuangan para ulama Indonesia melawan kejamnya penjajah Jepang. Tokoh yang menjadi fokus utama cerita ini adalah sosok K.H. Hasyim Asyari. Bersama para santrinya, K. H. Hasyim Asyari merebutkan kembali hak-hak bangsa Indonesia yang saat itu dilarang oleh pemerintahan Jepang untuk melaksanakan berbagai kegiatan nasionalisme seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga mengibarkan bendera.

Baca juga: Film Bioskop Indonesia Terbaru 2021, Nonton Movies Online di Vidio

5. Rudy Habibie

Setelah merdeka, ternyata masih ada sosok-sosok pahlawan yang bermunculan. Melalui film Rudy Habibie, film menceritakan tentang Bapak Teknologi Indonesia yaitu B.J Habibie ketika masa muda. Bukan hanya menggambarkan perjalanan pendidikannya di luar negeri, tapi juga kisah asmaranya sebelum dan sudah Pak Habibie bertemu dengan Ibu Ainun. Aktor yang dipercaya memerankan sosok Pak Habibie adalah Reza Rahardian.

6. Sokola Rimba

Rekomendasi film selanjutnya datang dari masa yang lebih kekinian. Walaupun sudah berpuluh-puluh tahun merdeka, masih ada masalah kecil yang belum terselesaikan di Indonesia. Salah satunya adalah terciptanya pendidikan yang merata. Di film ini, Sokola Rimba menceritakan sosok berpengaruh Butet Manurung yang mengabdikan hidupnya untuk mengenalkan pendidikan kepada anak-anak suku Anak Dalam.

7. 3 Srikandi

Film terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah 3 Srikandi. Film yang satu ini menceritakan tentang 3 pahlawan wanita masa kini yang berjuang dalam sebuah acara olahraga dunia. Dibintangi oleh Tara Basro, Chelsea Islan dan Bunga Citra Lestari, 3 Srikandi mengisahkan tiga atlet panahan yang bertanding di ajang Olimpiade Seoul pada 1988. Hadirnya juga Reza Rahardian yang berperan sebagai pelatih.

Baca juga: Fakta Menarik Bike Boyz, Film tentang Kesetiakawanan Komunitas Vespa

Nonton Film Sejarah Indonesia

Itulah deretan film Indonesia bertema sejarah yang semuanya bisa kamu saksikan di Vidio. Kira-kira kamu mau nonton yang mana duluan? Apapun pilihan kamu langsung nonton film sejarah Indonesia di Vidio. Download aplikasi Vidio sekarang!

Ikuti selalu blog Vidio untuk temukan berbagai rekomendasi film terbaik, mulai dari film Hollywood, film China, hingga film Korea. Dapatkan juga berita menarik seputar dunia entertainment dan juga olahraga. Kini mau nonton apapun nggak pakai ribet karena #SemuaAdaDiVidio.

Artikel Terkait

Review Film Relationshit, Susahnya Melupakan Masa Lalu

Review Film Relationshit, Susahnya Melupakan Masa Lalu

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Lima Karakter Teman Shinchan yang Selalu Menemani Petualangannya