Sinopsis Film Hafalan Shalat Delisa, Mengenang Tragedi Tsunami Aceh dari Keluarga Delisa

Sinopsis Film Hafalan Shalat Delisa, Mengenang Tragedi Tsunami Aceh dari Keluarga Delisa

Film Hafalan Shalat Delisa – Bencana alam memang tidak ada yang bisa mengelaknya, mulai dari banjir, hingga tsunami seperti yang terjadi pada Aceh pada tahun 2004 lalu. Film ini mengisahkan tentang keluarga Delisa yang merupakan salah satu dari ribuan korban yang terkena tsunami Aceh dulu.

Delisa merupakan gadis cilik dari keluarga Abi Usman (Reza Rahadian) dan ibu (Nirina Zubir), ia juga memiliki 3 saudari yaitu Cut Fatimah, Cut Zahra dan juga Cut Aisyah. Mereka merupakan keluarga yang tinggal dipinggir pantai Aceh, yaitu Lhok Nga. Abi Usman sendiri merupakan mekanik kapal yang bekerja dikapal internasional.

Sehingga abi jarang berada dirumah karena harus ikut dalam pelayaran selama berbulan-bulan. Delisa tinggal bersama dengan Ibu dan ketiga kakaknya. Walaupun tanpa bimbingan ayah, keluarga Delisa termasuk keluarga yang memegang erat hukum islam.

Baca Juga : Review Film Rudy Habibie, Kisah Hidup dan Asmara Habibie Sebelum Bertemu Ainun

Sang Ibu yang diperankan oleh Nirina Zubir mengajarkan kepada ke empat putrinya untuk selalu mematuhi ajaran islam, seperti mengerjakan sholat. Suatu hari, Delisa diberi tugas oleh sekolahnya untuk menghafal bacaan-bacaan dalam sholat.

Ibunya yang mengetahui akan tugas tersebut berusaha untuk memotivasi Delisa yang masih kecil dengan memberikannya kalung emas jika ia dapat menghafal dengan benar bacaan-bacaan dalam sholat. Tentu saja Delisa yang mengetahui itu dengan giat menghafal semua bacaan sholatnya.

Hari setoran pun tiba, Delisa yang sangat semangat akan hafalan bacaan sholatnya pergi ke sekolah. Disana ia dan teman sekelasnya mempraktekkan semua surah yang telah dihafal. Namun nasib berkata lain, saat giliran Delisa yang mempraktekkan bacaan sholat tiba-tiba gempa mengguncang mereka.

Sontak semua orang pada saat itu panik, dan benar saja tsunami menyerang Aceh pada saat itu. Semua orang seperti disapu bersih oleh ganasnya air yang menyerang mereka, termasuk juga keluarga Delisa dan dirinya.

Diketahui saat itu lebih dari 15.000 orang meninggal akibat tsunami yang menghantam mereka. Delisa saat itu juga tersangkut dalam rimbunan semak dan juga kaki kirinya tertimbun bebatuan besar yang mengakibatkan kakinya membusuk perlahan.

Evakuasi pun dilakukan, Delisa ditemukan lemas tidak berdaya oleh salah satu relawan asal Amerika bernama Smith. Delisa langsung dirawat oleh para relawan tsunami. Namun sayang, Delisa harus kehilangan ketiga kakak perempuannya, mereka ditemukan meninggal sedangkan ibunya masih dalam proses pencarian.

Abi Usman yang mengetahui berita bencana tersebut langsung pulang dan mencari keluarganya. Setelah melakukan perjalanan yang cukup lama akhirnya ia bertemu dengan putri bungsunya Delisa. Delisa yang senang akan kehadiran Abinya langsung bercengkrama layaknya anak kecil yang tidak memiliki masalah, walaupun pada saat itu Delisa sudah tidak memiliki salah satu kakinya akibat diamputasi.

Akankah Delisa dan Abi dapat memulai semua dari awal lagi? Dapatkah mereka menemukan jasad keluarganya? Itulah tadi synopsis dari kisah yang diangkat dari bencara tsunami Aceh pada 26 Desember 2004. Untuk kamu yang penasaran akan akhir dari cerita Delisa dan juga Abinya, kamu bisa nonton Film Hafalan Shalat Delisa di Vidio ya!

Artikel Terkait

Review Film Love For Sale, Ketika Cinta Mengubah Hidup Si Penyendiri

Review Film Love For Sale, Ketika Cinta Mengubah Hidup Si Penyendiri

Menilik Perjuangan Eko dalam Eko Yuli Irawan The Movie

Menilik Perjuangan Eko dalam Eko Yuli Irawan The Movie

Sinopsis Film Tulalit, Pembuktian Edrick yang Dituduh Seorang Gay!

Sinopsis Film Tulalit, Pembuktian Edrick yang Dituduh Seorang Gay!

Sinopsis Film Tiga Pejantan Tanggung, 3 Sahabat yang Terjebak di Hutan Kalimantan

Sinopsis Film Tiga Pejantan Tanggung, 3 Sahabat yang Terjebak di Hutan Kalimantan