Film Keluarga Cemara, Sebuah Ilustrasi Family Comes First yang Sesungguhnya

Film Keluarga Cemara, Sebuah Ilustrasi Family Comes First yang Sesungguhnya

“Harta yang paling berharga adalah keluarga.” Apa yang terlintas di benakmu ketika membaca kalimat tersebut? Pasti kamu langsung teringat dengan film atau serial keluarga Indonesia berjudul Keluarga Cemara. Keluarga Cemara pertama kali tayang pada Oktober 1996 berupa cerita bersambung.

Sama seperti versi sinetron, film Keluarga Cemara diadaptasi dari sebuah novel berseri karya novelis Arswendo Atmowiloto. Film berdurasi 110 menit ini disutradari oleh Yandy Laurens. Walaupun diadaptasi dari sebuah novel, skenario yang dibawakan memiliki cerita yang sedikit berbeda namun tidak meninggalkan inti cerita sepenuhnya. Penulis skenario sendiri adalah sang sutradara, Yandy Laurens dan juga Ginatri S. Noer.

Baca juga: Sinopsis Film Sweet 20 (2017) Kala Tatjana Saphira Akting Jadi Nenek 70 Tahun

Sinopsis Film Keluarga Cemara

Sama seperti dengan sinetronnya terdahulu, Keluarga Cemara menceritakan tentang eratnya sebuah hubungan keluarga. Diketahui bahwa Abah (Ringgo Agus Rahman), memiliki keluarga yang terbilang kaya dan sukses. Tiba-tiba Ia mendapati dirinya ditipu oleh salah satu anggota keluarga besarnya. Kejadian ini membuat Abah dan keluarga harus kehilangan tempat tinggalnya di Jakarta.

Abah dan keluarga akhirnya pindah ke sebuah rumah di salah satu desa di Kabupaten Bogor. Abah yang ditemani Emak (Nirina Zubir) kemudian mulai membangun kembali keluarganya dengan mencari nafkah dari hal-hal yang terbilang sederhana.

Walapun ditimpa berbagai masalah hingga kehilangan harta benda yang berjumlah tak sedikit, Abah berhasil menjaga seluruh keluarganya. Karena Abah percaya, bahwa harta sesungguhnya bukanlah hal yang bersifat materil, melainkan keluarga.

Pemain Keluarga Cemara

Dalam versi sinetronnya, Keluarga Cemara dibintangi oleh wajah-wajah yang bisa dibilang sudah tidak lagi muda. Untuk versi filmnya, banyak wajah seniman Indonesia yang sudah tidak asing kita lihat keberadaannya dalam film layar lebar. Berikut adalah nama-nama pemain film Keluarga Cemara

  • Ringgo Agus Rahman sebagai Abah
  • Nirina Zubir sebagai Emak
  • Zara JKT 48 sebagai Euis
  • Widuri Putri Sasono sebagai Cemara
  • Ariyo Wahab sebaga Fajar
  • Asri Welas sebagai Ceu Salmah
  • Joshia Frederico sebagai Andi
  • Yasamin Jasem sebagai Rindu
  • Maudy Koesnaedi sebagai Tante Pressier

Baca juga: 5 Film Ini Pasti Kamu Ingat, Nonton Streaming Film Legendaris Indonesia di Vidio

Fakta Menarik Film Keluarga Cemara

1. Ditayangkan Perdana pada Jogja-NETPAC Asian Film Festival

Ternyata, sebelum dikenal dan ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia, film Keluarga Cemara dirilis terlebih dahulu pada acara Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November dan Desember 2018. Lalu setelah itu, barulah perilisan film ini dilakukan serentak ke seluruh bioskop Indonesia.

2. Masuk Nominasi 3 Ajang Penghargaan Berbeda

Film Keluarga Cemara berhasil mendapatkan nominasi di 3 acara bergengsi berbeda yaitu Piala Maya, Festival Film Bandung, dan Festival Film Indonesia. Keluarga Cemara berhasil masuk dalam 11 nominasi Piala Maya, namun hanya enam yang berhasil dimenangkan. Termasuk ke kategori Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih dan Skenario Adaptasi Terpilih. Sementara untuk penghargaan Festival Film Bandung, film ini mendapatkan 3 nominasi. Selanjutnya dalam Festival Film Indonesia, film Keluarga Cemara mendapatkan 6 nominasi dan berhasil memenangkan 2 kategori yaitu Skenario Adaptasi Terbaik dan Lagu Tema Terbaik.

 3. Menjadi Film Terlaris di 2019

Karena antusiasme penonton yang meroket, film Indonesia ini menjadi film terlaris di 2019. Film ini berhasil menduduki peringkat ke-5 dengan total penonton 1,7 juta pasang mata.

Baca juga: 4 Program Mola TV yang Cocok Ditonton Bareng Keluarga, Nikmati Gratis di Vidio

Nonton Film Keluarga Cemara di Vidio

Untuk kamu yang penasaran dengan film yang memiliki kesan legendaris ini, kamu bisa nonton Keluarga Cemara di Vidio. Vidio juga menyajikan ribuan konten lokal maupun Internasional untuk layanan Video On Demand. Langganan Vidio Premier sekarang untuk akses jaringan TV berbayar, serial TV, film dokumenter hingga pertandingan olahraga.

Kunjungi juga blog Vidio untuk update informasi seputar film, sinopsis, fakta menarik, hingga jadwal pertandingan olahraga seperti MotoGP hingga NBA. Nonton apa saja kini nggak pakai ribet, karena #SemuaAdaDiVidio!

Artikel Terkait

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

Live with My Ketos Eps 8, El dan Alvaro Kembali Bersama

Live with My Ketos Eps 8, El dan Alvaro Kembali Bersama

Nonton Oh My Venus, Drakor Rom-com Perjuangan Turun Berat Badan

Nonton Oh My Venus, Drakor Rom-com Perjuangan Turun Berat Badan