Film An Old Lady, Perjuangan Korban Menuntut Keadilan 

Film An Old Lady, Perjuangan Korban Menuntut Keadilan 

Film An Old Lady, perjuangan korban menuntut keadilan –  An Old Lady merupakan film bergenre drama kriminal ini dirilis pada 20 Agustus 2020. Film yang disutradarai oleh Lim Sun Ae ini dibintangi oleh Ye Soo Jung sebagai Hyo Jeong, Ki Joo Bong sebagai Dong In. Film An Old Lady ini menceritakan tentang kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual, sehingga film ini tidak disarankan untuk ditonton oleh korban yang masih memiliki trauma dengan kasus serupa, karena dikhawatirkan akan memicu ingatan korban. 

An Old Lady mengisahkan tentang seorang perempuan tua bernama Hyo Jeong berusia 69 tahun. Ia membuka sebuah toko buku kecil bersama kerabatnya yang bernama Dong In. Karena usianya yang semakin tua, Hyo Jeong rutin untuk melakukan terapi fisik. Suatu ketika, saat ia sedang menjalani terapi, salah seorang terapis pria berusia 29 tahun melecehkannya. Hyo Jeong yang merasa bahwa dia dilecehkan, saat itu juga ia langsung menceritakan kasus itu kepada Dong In, dan berniat melaporkannya pada polisi. 

Saat Hyo Jeong melaporkan kasusnya ke polisi, pihak kepolisian sempat tidak percaya dengan cerita Hyo Jeong. Sampai akhirnya pihak kepolisian melakukan penyelidikan dan interogasi kepada terduga pelaku. Namun sang pelaku juga tidak mengakui kesalahannya dan menyatakan bahwa yang ia lakukan berdasarkan suka sama suka. Hal ini menimbulkan kemarahan Hyo Jeong dan Dong In. Hyo Jeong berjanji akan menuntut keadilan bagi dirinya sendiri. Film ini mengandung 

Baca juga: Sinopsis An Old Lady: Perjuangan Seorang Lansia Menegakkan Keadilan

Perjuangan Korban Menuntut Keadilan

Dalam film An Old Lady, Hyo Jeong digambarkan sebagai lansia, di mana sebagian besar lansia adalah orang yang lemah dan tak berdaya. Terlebih jika lansia itu adalah seorang perempuan tua. Film An Old Lady menggambarkan bahwa seorang perempuan tua juga bisa menuntut keadilan. Ia percaya bahwa semua sama di mata hukum Hyo Jeong yakin bahwa ia bisa mendapatkan keadilan yang sama seperti warga negara lainnya. 

Film ini juga membukakan pikiran kita dengan kasus-kasus pelecehan seksual yang sedang marak terjadi, bahwa pelecehan seksual dapat terjadi oleh siapa saja dan tidak pandang gender, apalagi usia. Kebanyakan, kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan kerap terjadi karena adanya relasi kuasa dan ketimpangan gender. Sehingga menyebabkan perempuan yang dianggap lemah oleh konstruk sosial, dianggap sebagai kelompok rentan akan kasus pelecehan. 

Selain membukakan pikiran terhadap kasus pelecehan, film An Old Lady juga mengajarkan kita bagaimana mendengarkan korban pelecehan seksual/pemerkosaan, dan keberpihakan kepada korban. Dengan menjadi pendengar yang baik, juga merupakan bentuk dukungan kepada korban. Anda bisa nonton An Old Lady sub Indo hanya di aplikasi Vidio. 

Artikel Terkait

Review Daebak Byoode, Intip Kegiatan dari Personil Byoode

Review Daebak Byoode, Intip Kegiatan dari Personil Byoode

Link Nonton The Sultan, Talk Show Raffi Ahmad dan Andre Taulany!

Link Nonton The Sultan, Talk Show Raffi Ahmad dan Andre Taulany!

Review Film Tri Mas Getir, Perjuangan Ciang Pek Melunasi Hutangnya. Ada Titi Kamal!

Review Film Tri Mas Getir, Perjuangan Ciang Pek Melunasi Hutangnya. Ada Titi Kamal!

Preview Serial Loncat Kelas 2 Episode 05, Balas Dendam dan Orang Tua

Preview Serial Loncat Kelas 2 Episode 05, Balas Dendam dan Orang Tua