Karya Menyentuh Bong Joon-Ho, Intip Sinopsis dan Fakta Menarik Film Korea Mother di Sini

Karya Menyentuh Bong Joon-Ho, Intip Sinopsis dan Fakta Menarik Film Korea Mother di Sini

Sinopsis dan Fakta Menarik Mother – Kasih Ibu sepanjang masa adalah kalimat yang cocok untuk mendeskripsikan film Korea berjudul Mother ini. Tak banyak memang film yang memiliki cerita tentang keluarga khususnya Ibu. Mother yang hadir di awal 2009 ini merupakan karya sutradara terkenal Bong Joon-Ho.

Jauh sebelum kesuksesannya merilis Parasite, Bong Joon-Ho hadir dengan film yang tak kalah menarik dan pastinya menyentuh hati setiap penontonnya. Film Mother sendiri merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan seorang Ibu yang ingin mendapatkan hak keadilan atas perbuatan buruk yang sama sekali tidak dilakukan oleh anaknya.

Dibintangi oleh aktris senior Kim Hye-Ja dan Won Bin, kira-kira seperti apa jalan cerita yang ditawarkan oleh film berdurasi 128 menit ini, ya? Sebelum lanjut nonton, simak dulu sinopsis dan juga fakta menarik dibalik film Mother berikut ini.

Baca juga: Film Keluarga Cemara, Sebuah Ilustrasi Family Comes First yang Sesungguhnya

Sinopsis Film Korea Mother (2009)

Di suatu perkampungan di pinggir kota, hidup seorang Ibu tua dan anaknya yang bernama Doo Jon yang memiliki keterbelakangan mental. Ibu tua ini sudah hidup bertahun-tahun tanpa kehadiran sanak keluarganya yang lain. Walaupun anaknya tidak sesempurna kebanyakan orang, dirinya tetap dengan setia merawatnya hingga Ia tumbuh besar.

Suatu hari, ada sebuah bola golf yang dicurigai merupakan milik dari Doo Jon. Bukti adanya bola golf itu kemudian menyeret Doo Jon sebagai tersangka pembunuhan seorang gadis. Letak bola yang tak jauh dari tubuh gadis ini membuat Doo Jon dan Ibunya tak bisa menyanggah tuduhan polisi. 

Di malam sebelum gadis ini tiada, Doo Jon juga terbukti terlihat seperti mengikuti kemana gadis ini pergi. Berbagai tuduhan yang dilayangkan kepada Doo Jon ini lantas tak membuat Ibu tua itu percaya begitu saja. Surat pernyataan yang menyatakan Doo Jon sebagai tersangka pun Ia tanda tangani begitu saja tanpa mengerti isi dari surat ini.

Mengetahui anaknya harus dipenjara atas kesalahan yang tak pernah diperbuat oleh Doo Jon, Ibu Doo Jon dengan sekuat tenaga menyelidiki sendiri kasus ini. Untungnya, ada sahabat Doo Jon yang mau membantu Ibu Doo Jon untuk mencari jawaban atas ketidakadilan yang sedang menimpanya.

Baca juga: Sinopsis Drama China Go Ahead, Ketika Hubungan Persahabatan Terasa seperti Keluarga Kandung

Fakta Menarik Film Korea Mother (2009)

1. Karya Sutradara Bong Joon-Ho

Siapa yang tak kenal dengan nama Bong Joon-Ho. Pria asal Korea Selatan kelahiran 14 September 1969 ini merupakan sutradara yang terkenal dengan karya apik dan penuh prestasi. Walaupun belum banyak judul film yang mewarnai industri film Korea Selatan, tapi setiap karya yang Ia buat selalu ramai penonton.

Film Mother merupakan karya ke-4 yang Ia garap pada 2009. Perjalanan Bong Joon-Ho melalui film ini membuat dirinya berhasil dilirik oleh industri hiburan mancanegara. Keberanian Bong Joon-Ho dalam menampilkan cerita realita ke dalam sebuah fiksi mendapatkan sambutan baik dari para kritikus film. Film ciptaannya ini bahkan menjadi film internasional terbaik di Munich, Jerman dan juga San Francisco, Amerika Serikat.

2. Penuh dengan Pesan Moral

Bukan Bong Joon-Ho namanya kalau tidak membuat film dengan berjuta pesan moral didalamnya. Seperti yang sudah kita lihat pada sinopsis di atas, film Mother menyiratkan beberapa pesan yang bisa kita jadikan pelajaran. Pesan yang paling utama adalah bagaimana sosok Ibu yang rela melakukan apapun demi anak tercintanya.

Di film ini, kita akan melihat seorang ibu yang tak henti mencurahkan kasih sayangnya dengan bersusah payah mencari keadilan untuk anaknya yang memiliki keterbelakangan mental. Walaupun umur sudah tak lagi muda, naluri dari seorang Ibu tak pernah pudar untuk melihat anaknya bahagia dan terbebas dari kejamnya dunia. 

3. Menggambarkan Realita Kehidupan

Satu lagi hal yang menjadi ciri khas karya dari Bong Joon-Ho adalah keahliannya menggambarkan realita ke dalam sebuah film. Dalam film Mother ini, Bong Joon-Ho memperlihatkan bagaimana banyaknya orang yang masih berlaku tak adil khususnya terhadap masyarakat yang kurang mampu.

Masih adanya penindasan dan senang merundung orang yang memiliki keterbelakangan mental juga menjadi salah satu pesan yang dihadirkan dalam film ini. Tak sampai di situ. Permasalahan hukum yang terkesan berat sebelah juga dengan berani ia tampilkan dengan nyata di masterpiece-nya ini.

Baca juga: Alasan Nonton Okay Madam, Aksi Kocak Suami Istri Melawan Perompak Berbahaya

4. Memenangkan 44 dari 46 Kategori Penghargaan Bergengsi

Cerita yang realistis, akting para aktor yang mumpuni, dan juga teknik pengambilan gambar dalam film ini menjadi alasan mengapa film Mother berhasil menjadi nominasi di beberapa penghargaan bergengsi baik dalam maupun luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, film Mother berhasil mengantongi 44 gelar penghargaan dari 46 kategori yang didapatkan sepanjang 2009 hingga 2011. Beberapa ajang penghargaan yang tak sungkan memberikan film ini sebuah apresiasi antara lain Baek Sang Art Awards di 2010, Boston Society of Film Critics Awards di tahun yang sama, hingga Central Ohio Film Critics Association di 2011. Kategori yang didapatkan pun tak hanya sebatas aktornya saja, melainkan juga Best Director hingga Best Foreign/International Film.

5. Pendapatan Film Tiga Kali Lipat dari Budget

Di balik suksesnya film, pasti ada biaya besar yang harus dikeluarkan. Film Mother berhasil menelan budget sebesar $5 juta. Angka ini terbilang angka yang cukup besar. Namun dibalik besarnya produksi, film ini berhasil mendapatkan hingga tiga kali lipat lebih pemasukan dari total pengeluaran. Film Mother berhasil mendapatkan pendapatan Box Office worldwide sebesar $17 juta.

Baca juga: Drama Korea ‘Good Doctor’, Kehidupan Autisme Jenius Park Shi-on

Streaming Film Mother (2009) di Vidio

Bagaimana dengan sinopsis dan fakta menarik dari film Mother di atas? Apakah sudah cukup meyakinkanmu untuk menonton filmnya? Sekarang kamu bisa nonton film Korea Mother sub Indo di Vidio. Download aplikasi Vidio sekarang!

Nonton juga film tentang keluarga lainnya seperti Pawn, dan yang lainnya hanya di Vidio. Dapatkan juga berita tentang entertainment maupun sports dengan mengunjungi blog Vidio. Temukan rekomendasi film, sinetron, sinopsis, fakta menarik, hingga jadwal pertandingan olahraga seperti NBA, Moto GP, dan Olimpiade Tokyo. Kini mau nonton apapun nggak pakai ribet karena #SemuaAdadiVidio.

Related Posts

Nonton Assalamualaikum Series Episode Lengkap 1 – 6, Kisah Religi Anggika Bolsterli Mencari Ayah Kandungnya

Nonton Assalamualaikum Series Episode Lengkap 1 – 6, Kisah Religi Anggika Bolsterli Mencari Ayah Kandungnya

Assalamualaikum Series Episode 6, Jawaban dari Doa Mandy Akhirnya Tiba

Assalamualaikum Series Episode 6, Jawaban dari Doa Mandy Akhirnya Tiba

Nonton Doraemon the Movie di Vidio, Menjelajah ke Tempat Penuh Kejutan bersama Nobita dan Kawan-Kawan

Nonton Doraemon the Movie di Vidio, Menjelajah ke Tempat Penuh Kejutan bersama Nobita dan Kawan-Kawan

Sudah Tayang! Intip Sinopsis Paradise Garden Series Episode 1 Di Sini, Peristiwa Misterius Mulai Mengintai

Sudah Tayang! Intip Sinopsis Paradise Garden Series Episode 1 Di Sini, Peristiwa Misterius Mulai Mengintai

Yuk, Cek Promo Bulan Ini!

PPKM Anti Bosan Bareng Vidio, Yuk!

PPKM Anti Bosan Bareng Vidio, Yuk!

Tag