Pesan Moral dalam Doraemon The Movie: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration

Pesan Moral dalam Doraemon The Movie: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration

            Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration merupakan film animasi yang diangkat dari serial manga dan anime karangan Fujiko F. Fujio. Tepatnya dari bab manga Doraemon yang berjudul Doctrine Associate Badges. Shinnosuke Yakuwa merupakan sutradara dari Film ini. Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration pertama kali rilis di jepang pada 1 Maret 2019. Semenjak hari pertama perilisannya film ini menuai banyak perhatian di Jepang. Maka tidak heran keuntungan yang dicapai dari penayangan di Jepang sebesar ¥5,020,000,000 ($45.6 million).

            Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration bercerita mengenai Nobita yang percaya dengan adanya kelinci di bulan. Hal tersebut karena satelit buatan di bulan menangkap sekelebat bayangan putih yang bergerak disana. Nobita menceritakan tentang pedapatnya kepada teman-temannya. Namun teman-teman Nobita tidak ada yang mempercayainya. Singkat cerita Nobita dan Doraemon membuat kerajaan yang berisi kelinci-kelinci bulan buatan. Kelinci tersebut hanya bisa dilihat oleh orang yang memakai lencana.

Baca juga: Dua Anime yang Cocok Buat Hiburan Anak di Rumah, Bisa Nonton Dalam pengawasan Orang Tua

            Nobita mengajak Shizuka, Suneo, Giant dan Luka untuk melihat kerajaan kelinci buatannya di bulan. Saat mereka berkeliling di kerajaan kelinci, Nobita dan yang lainnya diserang oleh monster kelinci raksasa. Disaat itu lencana Nobita terlepas dan ia tidak dapat melihat kerajaan kelinci. Bahkan Nobita hampir terbunuh karena kehilangan oksigen. Namun disaat kritis Luka menolong Nobita dengan kekuatannya yang disebut ether. Ternyata Luka bukanlah makhluk bumi, melainkan alien baik yang disebut espal dan memiliki telinga kelinci di kepalnya. Luka memiliki keluarga Espal lain di bulan. Selama ini Espal bersembunyi dari kejaran planet kaguya yang akan menyalahgunakan kekuatan dari para Espal.

            Film ini dipenuhi dengan keseruan petualangan Nobita dan teman-teman di luar angkasa. Tentunya petualangan Nobita merupakan hiburan yang sangat seru untuk dinikmati. Namun selain sebagai hiburan Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration juga memiliki pesan moral yang disampaikan kepada penontonnya. Berikut pesan moral yang terdapat di Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration:

Baca juga: Tiga Anime Lama yang Bakal Buat Kamu Nostalgia dan Bisa Nonton di Vidio!

1. Jangan Berhenti untuk Berimajinasi

Pesan moral pertama dari Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration adalah jangan berhenti untuk berimajinasi karena berimajinasi dapat menghasilkan ide-ide baru. Hal tersebut dilihat dari adegan Nobita yang mempercayai bahwa adanya makhluk kelinci bulan. Namun teman-teman Nobita menganggap kepercayaan Nobita sangat konyol dan menertawai Nobita. Namun saat mereka ke bulan, Nobita dan teman-temannya bertemu dengan Espal. Espal merupakan alien baik yang memiliki telinga kelinci di kepalanya. Maka dari itu imajinasi Nobita tidak sepenuhnya salah.

            Dalam salah satu adegan Doraemon juga menjelaskan bahwa dulunya teori bumi bulat atau helio sentris dianggap teori yang konyol dan tidak ada yang percaya dengan teori tersebut. Pada saat itu belum ada kemajuan teknologi sehingga teori geosentris atau teori bumi data adalah teori yang dipercaya. Namun dengan perkembangan zaman teori heliosentris merupakan teori yang dipercaya oleh hampir semua penduduk bumi. Maka dari itu kita tidak boleh berhenti berimajinasi karena berimajinasi dapat menghasilkan ide-ide baru.

2. Saling Menolong Sesama Makhluk Hidup.

Pesan moral yang kedua dalam film ini adalah saling menolong sesama makhluk hidup. Hal ini terlihat dari perjuangan Nobita yang menolong Luka hingga pergi ke planet Kaguya. Walaupun Luka bukan makhluk dari bumi, Nobita tetap berusaha untuk menolong temannya. Selain Luka kelinci dari kerajaan kelinci di bulan juga ikut serta dalam menolong Luka. Dari situ kita dapat melihat bahwa kita harus menolong sesame makhluk hidup. Tidak terbatas kepada sesame manusia namun juga kepada hewan dan tumbuhan yang juga memiliki perasaan dan rasa sakit.

Setelah mengetahui pesan moral dari Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration pastinya kamu tertarik untuk menontonnyakan? Kamu bisa nonton Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration di Vidio secara legal. Selain Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration, kamu juga dapat menemukan Anime menarik lainnya seperti One Piece, Attack on Titan, Demon Slayer dan masih banyak lagi. Semua anime di Vidio juga sudah dilengkapi dengan sub indo. Jadi tunggu apalagi tonton di Vidio.com sekarang!

Related Posts

Sinopsis Episode 7 Mahabharata di Vidio

Sinopsis Episode 7 Mahabharata di Vidio

Hadir di Vidio, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton The Billionaire 

Hadir di Vidio, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton The Billionaire 

Sinopsis Arc Pulau Wano One Piece, Saatnya Mengalahkan Kaido!

Sinopsis Arc Pulau Wano One Piece, Saatnya Mengalahkan Kaido!

5 Fakta Ending Paradise Garden, Gak Terduga!

5 Fakta Ending Paradise Garden, Gak Terduga!

Yuk, Cek Promo Bulan Ini!

Nonton Drakor Gratis Sepanjang September

PPKM Anti Bosan Bareng Vidio!

Promo Vidio Premier September

Tag