Fakta Menarik Thomas & Friends, Kartun yang Tayang Sejak 1984

Fakta Menarik Thomas & Friends, Kartun yang Tayang Sejak 1984

Fun fact – Thomas and Friends adalah salah satu kartun yang paling digemari anak-anak. Serial ini bercerita tentang petualangan kereta Thomas dan teman-teman keretanya di Pulau Sodor. Thomas adalah kereta yang sangat ceria dan tidak mudah bersedih hati. Thomas juga selalu ingin bermanfaat bagi siapa saja.

Thomas and Friends diproduksi oleh Britt Allcroft Productions dan Nitrogens Studios Canada. Hingga 2021, Thomas and Friends sudah menayangkan 584 episode yang terbagi atas 24 season. Penasaran dengan fakta menarik serial Thomas & Friends lainnya? Simak penjelasan di bawah ini!

Baca juga: Nonton Kartun Rana & Riv’s Wonder Forest di Vidio, Menjelajah Dunia Imajinasi Sesungguhnya

1. Thomas & Friends berawal dari buku cerita

Pembuat Thomas & Friends, Wilbert Awdry, pada awalnya membuat cerita tentang kereta api uap untuk menghibur putranya yang sedang sakit. Kisah-kisah itu diceritakan berulang-ulang sampai, didesak oleh putranya untuk dijadikan  cerita. Awdry akhirnya menuliskannya.

Akhirnya, atas kegigihan istrinya (Margaret), buku cerita Thomas & Friends terbit pada 1945. Buku cerita bergambar itu berjudul The Three Railways Engines. Buku Thomas & Friends seri ke-dua terbit satu tahun setelahnya (1946), dengan judul Thomas the Tank Engine.

2. Nama pulau Sodor ditemukan Awdry setelah mengunjungi Isle of Man

Pulau Sodor yang menjadi latar cerita kereta Thomas “ditemukan” setelah Awdry mengunjungi Isle of Man (Sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Irlandia utara). Ia mengambil inspirasi dari sejarah pulau itu.

Baca juga: Hadir di Vidio, Nonton Kartun Crayon Shinchan Sekarang untuk Mengenang Masa Kecilmu

3. Tayang pertama kali tahun 1984

Tayangan pertama Thomas & Friends di stasiun TV Inggris terbilang sukses dengan menarik 8,5 juta penonton, baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Pada debut awalnya, Thomas & Friends bernama Thomas the Tank Engine & Friends. Setelah tahun 2003, serial ini mempersingkat namanya menjadi Thomas & Friends saja.

4. Ada Thomas & Friends Theme Park di Jepang

Taman hiburan Thomas & Friends ( Thomas Land) pertama kali dibuka di Jepang pada tahun 1998. Thomas Land terletak di Fuji-Q High Land, Yamanashi, Jepang. Taman hiburan ini menampilkan atraksi seperti Thomas and Percy’s Fun Ride, Thomas’s Party Parade, Rock ‘n’ Roll Duncan, dan masih banyak lagi.

5. Beralih ke animasi CGI pada 2009

Produksi konten Thomas & Friends beralih ke animasi CGI seluruhnya saat seri Thomas & Friends: Hero of the Rails memulai debutnya.

Baca juga: Alpha and Omega, Film Animasi Fabel Tentang Kawanan Serigala

6. Thomas & Friends bermitra dengan PBB

Pada tahun 2018, Thomas & Friends mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Thomas & Friends bergabung untuk ikut menyukseskan lima tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam kontennya.

7. Tahun 2020 adalah peringatan 75 tahun Thomas & Friends

Terhitung sejak seri buku cerita pertama yang terbit pada 1945, maka Thomas & Friends genap berusia 75 tahun pada 2020. Mereka melakukan perayaan dengan merilis album ulang tahun Thomas & friends terbaru, tur ulang tahun, dan banyak konten baru yang menarik.

Itulah ketujuh fakta menarik tentang Thomas & Friends. Sangat menginspirasi sekali, ya. T

Baca juga: Nonton Film Animasi Team Hot Wheels Skills to Thrill, Ketika Tim Berhadapan dengan Nitrobot

Streaming Thomas and Friends Season 12 di Vidio

Tertarik untuk streaming Thomas & Friends Season 12 bersama keluarga? Segera download aplikasi Vidio sekarang, atau kunjungi melalui web browser Vidio sekarang!

Kunjungi selalu blog Vidio untuk informasi dan berita terbaru seputar entertainment dan sports seperti rekomendasi film, anime terbaru, sinetron, FTV, dan juga jadwal pertandingan olahraga. Kini mau apapun nggak pakai ribet karena #SemuaAdaDiVidio.

Artikel Terkait

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Lima Karakter Teman Shinchan yang Selalu Menemani Petualangannya

Daftar Pemain The Break Upper, Febby Rastanty Jadi Pelakor

Daftar Pemain The Break Upper, Febby Rastanty Jadi Pelakor