Kisah Legenda Putri Gilang Rukmini, Air Mata yang Membentuk Telaga Warna

Kisah Legenda Putri Gilang Rukmini, Air Mata yang Membentuk Telaga Warna

Salah satu kisah legenda putri yang wajib kita ketahui adalah kisah putri Gilang Rukmini. Kisah ini dimulai ketika berdiri suatu kerajaan yang bernama kerajaan Kuta Tanggehan di daerah Jawa Barat. Rajanya bernama Surtawalaya dan ratunya bernama Purba Manah. Raja dan Ratu kerajaan Kuta Tanggehan sangat dekat dengan rakyatnya. Karena kedekatan tersebut pun warga sangat menyayangi Raja dan Ratu kerajaan Kuta Tanggehan.

Walaupun terlihat bahagia, ratu sebenarnya sangat sedih. Ia sangat ingin diberikan momongan oleh yang maha kuasa. Adipati dari kerajaan pun menyarankan kepada ratu untuk mengadopsi anak agar ia tidak terus bersedih. Namun ratu menolak, Ia ingin melahirkan anaknya sendiri.

Baca juga: Berikan Tayangan Islami Sejak Dini Dengan Nonton Kisah Nabi Adam Di Vidio

Raja yang tak ingin ratu terus bersedih pun pergi ke hutan untuk bersemedi dan berdoa kepada yang maha kuasa agar mereka segera diberikan momongan. Ketika raja merasa diberikan pertanda dari yang maha kuasa bahwa doanya akan dikabulkan, raja kembali ke kerajaan dan memberi tahu permaisurinya.

Tidak lama setelah itu ratu pun diberikan hamil dan diberikan momongan. Setelah lahir bayi wanita yang dilahirkannya diberi nama Gilang Rukmini. Gilang Rukmini tumbuh menjadi gadis yang cantik jelita. Namun sayangnya Gilang Rukmini tumbuh menjadi gadis yang manja. Walaupun manja, seluruh rakyat kerajaan Kuta Tanggehan.

Ketika ulang tahunnya yang ke-17, warga berbondong-bondong memberikan harta berharga mereka sebagai hadiah ulang tahun putri Gilang Rukmini. Raja pun mengambil satu berlian yang sangat indah dan meminta pengrajin perhiasan nomor satu dikerajaan untuk membuatkan kalung terindah untuk putri Gilang Rukmini.

Saat perayaan pesta raja pun memberikan hadiah kalung berlian yang memiliki warna indah kepada Gilang Rukmini. Namun Gilang merasa kecewa dengan hadiah tersebut. Ia menilai kalung tersebut jelek dan tak ingin memakainya. Ratu pun sangat sedih melihat perilaku putrinya. Ratu kemudian menangis tanpa henti. Melihat sang ratu menangin seluruh warga Kuta Tanggehan pun ikut menangis.

Air mata para warga memenuhi kerajaaan dan kerajaan pun berubah menjadi telaga warna. Konon katanya warna indah yang ada di telaga warna tersebut berasal dari kalung yang ditolak oleh putri Gilang Rukmini.

Selain kisah legenda Putri Gilang Rukmini masih banyak kisah putri Indonesia lainnya yang sangat menarik dan memberikan pesan moral yang bermakna. Segera nonton kisah legenda putri Indonesia di Vidio. Selain kisah legenda putri kamu juga bisa nonton tayangan anak yang menidik lainnya. Saksikan hiburan lainnya seperti film barat, film Indonesia, drama Korea, Thailand, Mandarin, Bollywood, original series, serta tayangan olahraga favorit hanya di Vidio.

Artikel Terkait

Review Anime Attack On Titan, Tembus 1 Juta Penonton

Review Anime Attack On Titan, Tembus 1 Juta Penonton

Hadir di Vidio Diva The Series Mengajarkan Anak Kita Buruknya Berbohong

Hadir di Vidio Diva The Series Mengajarkan Anak Kita Buruknya Berbohong

Cara Nonton Lagu Anak Indonesia di Aplikasi dan Website Vidio

Cara Nonton Lagu Anak Indonesia di Aplikasi dan Website Vidio

Bertema Islami Berikut Cara Nonton Animasi Alif The Series di Website dan Aplikasi Vidio.