5 Film Tentang Guru yang Menginspirasi untuk Merayakan Hari Guru Nasional

5 Film Tentang Guru yang Menginspirasi untuk Merayakan Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November adalah momen bersejarah untuk bangsa Indonesia mengenang perjuangan pendidikan di Tanah Air. Sebagai seorang anak didik tentu merayakan Hari Guru ini menjadi hal yang perlu dilakukan. Untuk mengingat dan menghargai perjuangan mereka. Salah satu caranya bisa dengan nonton film tentang guru Indonesia yang menginspirasi.

Indonesia sendiri memiliki banyak sosok guru yang berdedikasi dan begitu menginspirasi. Perjuangan sebagian dari mereka bisa kita saksikan melalui deretan film indonesia tentang guru yang hingga kini masih digandrungi banyak masyarakat. Mulai dari web series hingga film pendek tentang guru bisa menjadi rekomendasi nonton film terbaik untuk kamu.

Penasaran ada film apa saja yang menarik untuk disaksikan di Hari Guru Nasional? Berikut 5 film tentang guru yang bisa tonton. 

Guru Bangsa Tjokroaminoto

Adalah film Indonesia besutan Garin Nugroho yang bercerita tentang biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto. Diperankan oleh Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Sujiwo Tedjo hingga Maia Estianty. Film ini menjadi salah satu film tentang guru yang layak untuk disaksikan. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang dikemas,  coba disampaikan dalam film melalui akting luar biasa Reza Rahadian sebagai Guru Bangsa. Kualitas dari film ini terbukti dengan berhasilkan film Guru Besar Tjokroaminoto memenangkan Festival Film Indonesia 2015 untuk kategori Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik dan Tata Busana Terbaik.

Tjokroaminoto sendiri dikenal sebagai sosok guru Soekarno. Beliau adalah kaum ningrat yang membangun organisasi untuk melawan penjajah hingga membuka sekolah rakyat. Dari sekolahnya inilah, lahir Soekarno, pemuda yang kelak menjadi Proklamator Bangsa. Film ini mengajarkan betapa pentingnya sosok dan pengaruh seorang guru untuk masa depan anak bangsa.

Baca juga: Merayakan Hari Anak Sedunia dengan Nonton Film Kartun Anak Lengkap di Vidio

nonton film tentang guru, Sang Pencerah di Vidio

Sang pencerah

Rekomendasi film tentang guru lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah Sang Pencerah. Film besutan Hanung Bramantyo ini diangkat dari kisah nyata sosok Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Film ini diperankan oleh Lukman Sardi, Yati Surachman, Slamet Raharjo, Giring Ganesha, hingga Zaskia Adya Mecca. 

Sosok Ahmad Dahlan, sebagai pendiri organisasi Muhammadiyah layak dijadikan teladan untuk para guru. Ia adalah pahlawan nasional yang mengajarkan tentang bagaimana seorang manusia harus bertoleransi pada perbedaan, hingga memiliki semangat bekerja sama dan tolong menolong yang tinggi. Sosok Ahmad Dahlan juga menjadi teladan guru yang menunjukan bagaimana pendidikan mampu menjawab tantangan zaman akan kualitas anak bangsa. 

Sokola Rimba

Film Sokola Rimba adalah salah satu karya Riri Riza yang dibintangi oleh Prisia Nasution sebagai pemeran utama. Film drama Indonesia yang dirilis pada 2013 ini berkisah tentang kehidupan seorang wanita bernama Butet yang menjadi guru anak-anak masyarakat suku anak dalam. Ia mengajarkan baca tulis dan menghitung pada anak suku dalam yang dikenal sebagai Orang Rimba. 

Film ini mengajarkan bagaimana ketulusan seorang guru dalam mengajar bisa merubah hati dan masa depan seseorang. Meski saat mengajar Butet mengalami banyak rintangan, seperti orangtua yang lebih menyukai anaknya bekerja daripada belajar, kurangnya minat belajar hingga fasilitas, namun ia tetap berjuang dan tak pantang menyerah mengajar masyarakat Rimba karena kecintaannya pada mereka. 

film tentang guru dan perjuangan pendidikan, Sang Pemimpi
Nonton film tentang guru, Sang Pemimpi di Vidio

Sang pemimpi

Adalah film yang diangkat dari novel kedua dalam tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Dalam film, diceritakan kehidupan dan kegigihan seorang Andrea Hirata dan para sahabatnya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Sorbonne, Paris, Perancis. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini juga menggambarkan sosok guru luar biasa yakni Pak Balia, yang diperankan oleh Agustinus Gusti Nugroho (Nugie). Pak Balia menjadi sosok guru yang inspiratif dan bersemangat. Ia lah sosok yang menginspirasi Ikal dan Arai, kedua tokoh utama dalam film untuk bermimpi kuliah di Prancis. Meski ada banyak konflik dan rintangan menghadang, sosok guru Pak Balia tetap semangat untuk mendukung murid-muridnya agar menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Baca juga: Film Kartini, Menceritakan Tentang Perjuangan, Budaya dan Keluarga

Laskar Pelangi

Satu lagi film karya Riri Riza yang menjadi rekomendasi film tentang guru terbaik yakni Laskar Pelangi. Film yang juga diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini diterbitkan pada tahun 2008 dan berhasil menjadi salah satu film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak. Film ini berkisah tentang anak-anak Pulau Belitung yang berjuang untuk sekolah. Anak-anak Belitung dan kedua gurunya berjuang agar sekolah mereka tidak ditutup. 

Ya, sosok guru yang diceritakan dalam film ini juga tak kalah menginspirasi. Ia adalah Ibu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini. Dari sosok bu Muslima ini kamu akan belajar tentang bagaimana perjuangan seorang guru yang mengajar di pelosok dalam Indonesia. Ia mengorbankan hidupnya demi memberikan masa depan yang gemilang untuk anak muridnya. 

Nonton film tentang guru terbaik di Vidio

Penasaran dengan keseruan film tentang guru tersebut? Yuk segera nonton ragam film tentang guru seperti Sokola Rimba yang menginspirasi di Vidio. Download aplikasi Vidio sekaranga atau kunjungi situs resminya di Vidio.com.

Vidio merupakan perusahaan OTT (Over the Top) yang didirikan sejak tahun 2014 yang menyediakan layanan streaming terlengkap di Indonesia. Terhubung langsung dengan lebih dari 21 TV Streaming, Vidio juga menyajikan ribuan konten lokal maupun Internasional untuk layanan Video On Demand, langganan jaringan TV berbayar, dan konten eksklusif untuk serial TV, Film layar lebar, drama, film dokumenter serta menayangkan ribuan pertandingan olahraga dari berbagai cabang untuk semua genre dan usia. Nonton apa saja kini nggak pakai ribet, karena semua ada di Video!

Related Posts

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Januari Spesial: Nonton Drakor Gratis!

Tags