3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

Orang tua beragama Islam yang sudah memiliki anak, pasti mau anaknya bisa membaca Al-quran. Oleh sebab itu, tak jarang orang tua mengajarkan anak mereka untuk rajin belajar mengaji. Kemampuan membaca Al-quran memang lebih baik diterapkan sejak kecil karena anak masih bisa menyerap banyak informasi. Anak juga jadi lebih terbiasa dan bisa mulai menghafal ayat-ayat Al-quran.

Ketika mulai mengajarkan membaca tulisan Arab dalam Al-quran, orang tua dapat memulai dari belajar iqro. Metode tersebut dilakukan agar anak mengenal dan mulai menghafal huruf-huruf hijaiyah. Satu yang pasti, mengajarkan anak membaca Al-quran membutuhkan kesabaran dan jangan sampai orang tua memberikan tekanan yang terlalu besar kepada anak. Kalau kamu orang tua yang mau mengajarkan anak belajar mengaji, bisa simak langkah-langkah berikut ini ya!

Baca Juga 5 Kartun Anak Muslim Terbaik, Nonton Gratis di Vidio

  1. Kenalkan Anak dengan Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah merupakan ejaan dalam bahasa Arab yang berfungsi seperti huruf alfabet pada tulisan latin seperti A, B, C, D. Huruf hijaiyah adalah hal paling dasar yang sangat penting ketika mempelajari tulisan Arab. Al-quran memiliki 29 huruf hijaiyah yang digunakan, termasuk Alif.

  1. Mulai Ajari Tanda Baca

Setelah anak mengenal 29 huruf hijaiyah, orang tua dapat mulai mengajari tanda baca yang juga penting. Tanda baca dalam Al-quran dikenal juga dengan istilah harakat. Harakat menentukan cara pengucapan dari huruf-huruf hijaiyah ketika membaca tulisan Arab. Fungsinya mirip dengan huruf vokal (A I U E O) dalam tulisan latin.

  1. Ajak Anak untuk Sering Latihan dan Praktik

Berkenalan dengan huruf hijaiyah dan harakat bukan berarti anak langsung bisa fasih membaca Al-quran. Seperti belajar bahasa pada biasanya, dibutuhkan latihan dan praktik yang cukup sering hingga akhirnya anak bisa lancar membaca tulisan-tulisan Arab. Tentunya dukungan yang tepat dari orang tua sangat dibutuhkan agar anak tidak merasa tertekan ketika belajar.

Baca Juga Cara Jitu Belajar Membaca untuk Anak TK, Bisa Streaming di Vidio

Sekarang kamu sudah tau langkah-langkahnya. Tapi, bukan berarti mengajarkan anak semudah yang dipikirkan. Kadang ada beberapa hal yang dapat menghambat proses pembelajaran. Sekarang Vidio mau bagi tips-tips jitu supaya proses belajar anak lancar dan menyenangkan. Simak 4 tips di bawah ya!

4 Tips Jitu Belajar Mengaji Lancar

  1. Orang Tua Juga Ikut Belajar

Orang tua muslim pasti menginginkan anaknya pintar membaca Al-quran. Namun, ada baiknya orang tua juga cukup mahir membaca tulisan-tulisan Arab. Hal itu menjadi penting karena anak yang baru belajar memerlukan bimbingan, dan orang tua jadi pembimbing yang paling dekat dengan anak.

  1. Ajari Anak dengan Hati yang Ikhlas

Tentu anak akan merasakan perbedaan ketika orang yang mengajarkan dirinya tidak ikhlas dan penuh beban. Jika orang tua memiliki hati yang ikhlas dan gembira, maka kegembiraan pun akan tertular kepada anak. Dengan begitu, proses pembelajaran akan menjadi lebih lancar.

  1. Buat Sesi Belajar Menyenangkan

Meskipun mengaji merupakan pembelajaran agama yang perlu keseriusan, bukan berarti proses belajar tidak menyenangkan. Anak cenderung lebih memperhatikan dan mengikuti pengajaran dengan cara yang menyenangkan. Buah hati juga akan lebih cepat menyerap pelajaran dibandingkan dengan orang tua yang kerap memberikan tekanan pada batin anak.

  1. Gunakan berbagai media menarik

Saat ini ada banyak media yang bisa dicoba dalam pembelajaran ngaji. Orang tua bisa menggunakan media kartu, tebak-tebakan, bahkan dengan media digital berupa video pembelajaran. Tentunya dengan semua media-media yang menarik ini, anak tetap butuh pembimbing supaya tidak salah arah.

Baca Juga 5 Manfaat Kartun Baby Bus yang Baik untuk Perkembangan Anak

Nah, itu 3 langkah dan 4 tips untuk orang tua yang mau mengajarkan anaknya fasih membaca Al-quran. Di Vidio, orang tua juga dapat menemukan berbagai tayangan muslim salah satunya adalah belajar mengaji. Orang tua dapat mengajari anak dengan cara yang menyenangkan dan efektif bersama Vidio. Pantau terus Blog Vidio supaya orang tua dapat menemukan rekomendasi hiburan bersama keluarga dan artikel-artikel parenting lainnya.

Related Posts

Nonton Scandal Series Episode Lengkap, Ketika Maddy Slinger Terjebak di Dunia Kelam

Nonton Scandal Series Episode Lengkap, Ketika Maddy Slinger Terjebak di Dunia Kelam

Aksi Asia 2021 Menuju Top 4, Persaingan Antar Kloter Semakin Ketat

Aksi Asia 2021 Menuju Top 4, Persaingan Antar Kloter Semakin Ketat

Para Pencari Tuhan Jilid Podcast, Cerita Di Balik Layar Sinetron PPT

Para Pencari Tuhan Jilid Podcast, Cerita Di Balik Layar Sinetron PPT

Episode Terbaru The Throwback Show, Vincent Desta Dilatih Jadi Model sama Ari Wibowo

Episode Terbaru The Throwback Show, Vincent Desta Dilatih Jadi Model sama Ari Wibowo

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk, Cek Promo Bulan Ini!

Nobar Ramadan, yuk!

Tag