5 Manfaat Kartun Baby Bus yang Baik untuk Perkembangan Anak

5 Manfaat Kartun Baby Bus yang Baik untuk Perkembangan Anak

Sejak pertama dilahirkan, seorang anak tidak pernah berhenti belajar. Meskipun semua anak memiliki proses yang berbeda-beda dalam berkembang, namun orang tua selalu memberikan segalanya yang terbaik dan harus optimis bahwa anaknya akan semakin pintar hari demi hari. Proses pembelajaran anak dilakukan di semua tempat setiap harinya. Mulai dari rumah, sekolah, tempat bermain, dan setiap lingkungan yang ia jajaki pasti menjadi tempat untuk belajar. Sarana belajar untuk anak yang terbilang efektif adalah dengan animasi kartun, salah satunya adalah serial kartun Baby Bus.

Di era digital seperti sekarang ini anak pastinya sudah sangat akrab dengan teknologi seperti gadget, serta fitur-fitur di dalamnya. Tugas orang tua adalah untuk menjaga tontonan yang dikonsumsi anak. Agar anak belajar hal-hal yang positif, orang tua dapat memilih konten-konten yang cocok untuk buah hatinya. Orang tua juga perlu memilih tontonan kartun yang baik untuk psikologis serta kepribadian anak.

Kartun yang menampilkan kehidupan anak-anak dalam bentuk binatang ini memperlihatkan kehidupan bayi panda, anak kucing, anjing, dan banyak binatang lainnya. Pada setiap episodenya, mereka mempelajari sesuatu yang baru dengan tema yang berbeda-beda. Tema yang diangkat sangat cocok untuk anak seperti makanan, kebiasaan baik, bakteri, kendaraan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga Jadwal Acara TV Edukasi Kemdikbud, Nonton Gratis di Vidio

5 Manfaat Kartun Baby Bus untuk Perkembangan Anak

Kartun memiliki manfaat dan peran yang cukup besar dalam menentukan kepribadian serta sifat anak. Singkatnya, anak akan mencerna dan mengikuti hal apapun yang mereka lihat. Oleh karena itu, pemilihan kartun untuk anak menjadi penting. Simak 5 manfaat kartun untuk perkembangan anak:

  1. Belajar Mencerna Pesan Moral
Kartun anak Baby Bus bertema seri makanan.

Manfaat pertama bagi anak dari menonton kartun adalah belajar mencerna pesan moral. Kartun yang baik adalah kartun yang dibuat dengan animasi menarik serta cerita yang ringan agar anak tidak bingung dan bosan ketika menonton. Jangan heran jika anak lebih mudah mengambil pesan moral dari kartun ketimbang mendengar cerita dari orang tua. Tak ada salahnya jika orang tua menggunakan kartun sebagai alat belajar anak ketika ingin mengajari sesuatu.

Contohnya jika orang tua ingin mengajari anak agar lebih bersih supaya terhindar dari bakteri, orang tua dapat memberikan serial kartun yang bertema kebersihan atau bakteri. Setelah anak menonton kartun, orang tua dapat mengajarkan kembali cara hidup bersih dan mengulang-ulang tema itu dalam keseharian. Jika di dalam kartun terdapat lagu, orang tua dapat menyanyikan lagu berulang-ulang supaya pesan dari lagu tersebut terus diingat oleh anak. Melalui kartun, anak dengan sendirinya akan mengambil pesan moral dari cerita yang dibawakan.

Baca Juga Cara Jitu Belajar Membaca untuk Anak TK, Bisa Streaming di Vidio

  1. Belajar Bahasa

Anak cenderung tertarik untuk mengucapkan ulang kata-kata yang mereka dengar di dalam film kartun. Hal tersebut dapat membantu anak balita yang belum lancar berbicara untuk belajar dengan sendirinya. Kartun juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk orang tua yang menginginkan anaknya lebih fasih bahasa asing. Sajikan kartun berbahasa asing yang menarik, maka anak akan otomatis belajar secara bertahap.

  1. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi
Kartun Baby Bus dengan lagu top untuk anak-anak.

Kartun mampu meningkatkan kreativitas serta imajinasi anak. Hal ini disebabkan oleh kartun yang dibuat secara imajinatif dan tidak nyata. Karakter-karakter dalam film kartun dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan manusia pada dunia nyata. Melalui hal-hal imajinatif tersebut, pikiran anak akan terlatih untuk berpikir diluar kebiasaannya. Seperti contohnya dalam kartun Baby Bus terdapat lomba olahraga, namun pesertanya adalah donat. Anak dapat menyalurkan kreativitasnya melalui kata-kata, gambar, dan berbagai hal lainnya. Biarkan anak Anda berkreasi seliar mungkin supaya kelak ia menjadi orang yang kreatif.

  1. Memiliki Cita-Cita

Karakter kartun sangat beragam seperti karakteristik, sifat, hingga profesi. Tak menutup kemungkinan anak akan mendapat inspirasi dari kartun yang ia tonton. Bisa saja anak memiliki cita-cita menjadi dokter setelah menonton kartun dengan karakter dokter yang menyembuhkan banyak orang di dalamnya. Dengan begitu, anak sudah memiliki tujuan sejak dini dan sudah mulai mencari cara untuk mencapai impiannya.

Baca Juga 5 Kartun Anak Muslim Terbaik, Nonton Gratis di Vidio

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Serial kartun tak jarang menyelipkan adegan-adegan lucu yang membuat anak tertawa. Kebahagiaan anak ketika menonton kartun dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membuatnya tak mudah terserang penyakit.

Nah, gimana? Nggak perlu diragukan lagi kalau kartun dapat memberikan banyak manfaat untuk anak. Apalagi terdapat banyak lagu anak-anak yang dapat dinyanyikan pada sela-sela hari. Dengan begitu, karakter anak akan terbentuk bersamaan dengan kartun yang mereka tonton. Ayo nonton kartun anak Baby Bus di Vidio!

Related Posts

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Januari Spesial: Nonton Drakor Gratis!

Tags