5 Fakta Menarik Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration, Adanya Unsur Cerita Rakyat Jepang

5 Fakta Menarik Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration, Adanya Unsur Cerita Rakyat Jepang

Fakta Menarik Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration – Menonton film kartun memang menjadi pelepas penat tersendiri. Bukan hanya anak-anak saja, nyatanya masih banyak orang dewasa yang masih suka menonton kartun. Tak sedikit orang beralasan karena adanya pesan moral tersendiri di sela-sela ceritanya membuat kartun masih menjadi tontonan di waktu luang. Selain itu, tampilan animasi dan cerita yang imajinatif juga membuat mood penonton jadi lebih baik.

Berbicara tentang kartun imajinatif, rasanya semua kartun memang menawarkan hal yang serupa. Seperti salah satunya adalah kartun animasi Jepang yaitu Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration. Petualangan kucing berwarna biru dengan teman manusianya ini selalu mengajak kita berpetualang dengan alat-alat canggih yang berasal dari kantong ajaibnya. 

Penasaran bagaimana serunya petualangan Nobita dan Doraemon kali ini? Kira-kira mereka akan jalan-jalan kemana, ya? Sebelum nonton Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration, mending kita simak dulu 5 fakta menarik dibalik film produksi studio animasi Shin-Ei Animation di bawah ini.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Dibalik Film Crayon Shinchan Dangerous Honeymoon The Lost Daddy

Fakta Menarik Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration 

1. Perjalanan Nobita ke Luar Angkasa

Untuk pergi ke suatu tempat, biasanya Nobita akan dibantu dengan pintu kemana saja dengan ciri khas berwarna pink itu. Namun kali ini, karena tempat yang akan disinggahi sangat jauh di luar bumi, Doraemon menyediakan alat canggih yang berbeda dari biasanya.

Nobita yang melihat peristiwa bulan berubah menjadi kuning sontak bercerita kepada Doraemon. Mereka berdua percaya bahwa sesuatu yang tak biasa pasti sedang terjadi. Dengan bantuan kantong ajaibnya, Doraemon mendapatkan benda bernama “History Explorer Club Badge.” Doraemon dan Nobita kemudian pergi berdua ke bulan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

2. Film Doraemon yang Ke-39

Doraemon: Nobita’s Chronicle of The Moon Exploration pada 2019 merupakan film Doraemon yang ke-39 yang selanjutnya diikuti oleh Doraemon: Nobita’s New Dinosaur. Film ini dirilis setahun setelah perilisan filmnya yang ke-38 yang berjudul Doraemon: Nobita’s Treasure Island. Dalam Bahasa Jepang, film Doraemon ini hadir dengan judul Doraemon: Nobita no Getsumen Tansa-ki. Berbeda dari film sebelumnya, film ini disutradarai oleh Shinnosuke Yakuwa. Sementara untuk naskahnya masih ditulis oleh Fujiko Fujio. 

Baca juga: Saatnya Berpetualang! Nonton Anime One Piece di Vidio Bisa Pakai Sub Indo

3. Menggabungkan Cerita Rakyat

Film Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration mungkin memang karya fiksi. Tapi, tahukah kamu kalau cerita tentang bulan yang diangkat merupakan cerita yang sesungguhnya diyakini oleh warga Jepang? Perjalanan Nobita di bulan membuat dirinya bertemu dengan koloni kelinci. Adanya kelinci di bulan ini merupakan sebuah cerita yang sudah dipercaya sejak turun temurun yang dikenal dengan cerita Moon Rabbit atau di Jepang dikenal dengan Tsuki no Usagi.

Folklor Moon Rabbit sendiri sebenarnya bukan hanya dipercaya oleh masyarakat Jepang, tapi juga terkenal di China, Asia, masyarakat Amerika asli, hingga suku Aztec. Cerita rakyat ini mengisahkan adanya seekor kelinci yang tinggal di bulan karena telah berbuat hal yang mulia. Di bulan, kelinci tinggal bersama dewa untuk mengawasi bumi.

4. Dibuat Versi Video Game

Untuk pertama kalinya video game Doraemon akhirnya dibuat. Perusahaan game ternama FuRyu untuk pertama kalinya menghadirkan game yang diadaptasi dari film Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration. Game Doraemon ini hadir pada Nintendo Switch di tahun yang sama dengan perilisan filmnya.

Selain rilis di Jepang. Video game Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration juga hadir di Hong Kong, Taiwan, dan negara di Asia Tenggara lainnya. Selain hadir dengan judul yang sama, pada video game ini juga akan hadir karakter-karakter hingga lokasi yang sama seperti di filmnya.

Baca juga: Fakta Menarik Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Sempat Sepi Peminat

5. Mendapatkan Pendapatan Fantastis 

Fakta menarik film Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration yang terakhir adalah besarnya pendapatan yang berhasil diraup oleh film ini. Nampaknya hal ini sudah menjadi hal yang lumrah kalau film Doraemon selalu sukses di pasaran. Hal ini dibuktikan bukan hanya hadir sebagai video game, tapi juga perolehan box office yang fantastis baik dari dalam maupun luar negeri.

Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration berhasil mendapatkan pendapatan sebesar $65 juta di Asia. Sementara di Jepang sendiri, film berdurasi 111 menit ini mendapatkan hingga $46 juta. Tak sampai disitu. Prestasi yang sempat diraih film animasi ini adalah berhasil menjadi film dengan rating nomor satu setelah sepekan perilisannya.

Nonton Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration di Vidio

Setelah membaca fakta menarik di atas, kini saatnya kamu nonton Dorameon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration di Vidio. Download aplikasi Vidio sekarang! Selain anime, ada juga kartun lainnya yang nggak kalah seru dan menarik untuk ditonton. Langganan juga Vidio Premier untuk akses konten eksklusif dan menarik lainnya sepuasnya bebas iklan.

Pantau blog Vidio untuk update rekomendasi tontonan menarik seperti film, drama Korea, serial China, drama India, sinetron dan FTV, sinopsis film, hingga jadwal olahraga terbaru karena #SemuaAdaDiVidio!

Artikel Terkait

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Segera Tayang, Intip Original Series Terbaru Vidio: Jingga dan Senja!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

Live with My Ketos Rilis Episode Terakhir, Ucapkan Selamat Tinggal Untuk Alvaro dan El!

Live with My Ketos Eps 8, El dan Alvaro Kembali Bersama

Live with My Ketos Eps 8, El dan Alvaro Kembali Bersama

Nonton Oh My Venus, Drakor Rom-com Perjuangan Turun Berat Badan

Nonton Oh My Venus, Drakor Rom-com Perjuangan Turun Berat Badan