Fakta Menarik Film Doraemon: Nobita’s New Dinosaur, Penayangannya Sempat Ditunda

Fakta Menarik Film Doraemon: Nobita’s New Dinosaur, Penayangannya Sempat Ditunda

Banyak fakta menarik tentang Doraemon yang masih banyak belum kita ketahui. Selain fakta bahwa kucing dengan kantong ajaib ini tidak memiliki jari, salah satu filmnya berjudul Doraemon: Nobita’s New Dinosaur juga menyimpan beberapa fakta menarik. 

Doraemon: Nobita’s New Dinosaur merupakan film Doraemon yang ke-40. Animasi asal Jepang ini dirilis pada awal Agustus 2020. Di Indonesia sendiri, film ini baru masuk ke bioskop pada pertengahan Maret 2021.

Apa saja fakta menarik lainnya dibalik film Doraemon: Nobita’s New Dinosaur? Simak informasinya di bawah ini.

Baca juga: Hadir di Vidio! Kini Kamu Bisa Nonton Film Doraemon The Movie: Nobita’s New Dinosaur

Fakta di Balik Doraemon: Nobita’s New Dinosaur (2020)

1. Film Doraemon ke-4 dengan tema Dinosaurus

Kamu pecinta robot kucing ini pasti tidak asing mendengar kata dinosaurus pada judul film Doraemon. Sebelum Doraemon: Nobita’s New Dinosaur hadir, ada tiga film Doraemon yang mengangkat tentang kehidupan hewan yang hidup jutaan tahun yang lalu ini. Ketiga film itu berjudul Doraemon: Nobita’s Dinosaur (1980), Doraemon: Nobita and the Knights on Dinosaurs (1987), dan Nobita’s Dinosaur pada 2006.

2. Perilisan sempat Ditunda

Film Doraemon: Nobita’s New Dinosaur sempat mengalami penundaan perilisan di Jepang karena dampak dari pandemi korona pada 2020. Awalnya, film ini dijadwalkan rilis awal Maret 2020 di Jepang. Namun karena saat itu pemberlakuan pembatasan kegiatan diterapkan, penayangannya pun resmi ditunda hingga Agustus 2020. Tanggal ini pun sebenarnya merupakan tanggal rencana dirilisnya film spesial Doraemon Stand by Me 2. Film Stand by Me 2 Doraemon pun akhirnya juga mengalami penundaan yang mundur hingga November 2020.

3. Sebagai Perayaan Ultah Doraemon yang ke-50

Doraemon hadir sebagai serial manga sejak Desember 1969. Kemudian di tahun 1980 Doraemon dalam versi film mulai dibuat. Dengan begitu, Doraemon: Nobita’s New Dinosaur menjadi film yang ke-40, tapi tidak termasuk dua film spesialnya berjudul Doraemon Stand By Me. Dibuatnya film ini juga sebagai momentum perayaan hari ulang tahun Doraemon yang ke-50. Di tahun yang sama pun Stand by Me Doraemon 2 juga hadir sebagai bagian dari perayaan hari lahir si kucing berwarna biru ini.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Doraemon: Nobita’s Chronicle of the Moon Exploration, Adanya Unsur Cerita Rakyat Jepang

4. Menggunakan Soundtrack yang berbeda

Sama seperti Crayon Shinchan the Movie, penggunaan soundtrack yang sama terkadang diterapkan pada beberapa film Doraemon. Rupanya, hal yang berbeda terjadi untuk film Doraemon kali ini. Doraemon: Nobita’s New Dinosaur menggunakan soundtrack pembukaan maupun penutupan yang berbeda dari film sebelumnya. 

Band terkenal asal Jepang Mr. Children dipercaya untuk mengisi lagu tema film ini dengan dua lagunya yang berjudul Birthday dan A Monologue with Me (Kimi to Kasaneta Monologue). Sebelumnya film Doraemon diisi dengan lagu pembukaan yang sama sejak 2008 hingga 2019 dengan judul Yume wo Kanaete Doraemon.

5. Pendapatan Fantastis di Awal Rilis

Meskipun dirilis pada saat masa pandemi, nyatanya film ini tetap sukses mendapatkan pendapatan yang fantastis. Bahkan di minggu pertama penayangannya, Doraemon: Nobita’s New Dinosaur berhasil menghasilkan US$3.9 juta. Angka ini merupakan nilai yang fantastis di masa pandemi apalagi jumlah kursi di bioskop juga dibatasi pada saat itu.

Baca juga: Doraemon Stand By Me 2 Tayang di Vidio, Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya!

Streaming Doraemon: Nobita’s New Dinosaur di Vidio

Kamu yang belum sempat menonton bioskop film ini di bioskop, sekarang sudah bisa nonton Doraemon: Nobita’s New Dinosaur full movie pakai sub Indo di Vidio. Temukan juga konten menghibur lainnya seperti anime hingga film Hollywood. Download aplikasi Vidio sekarang! 

Ikuti terus blog Vidio untuk mendapatkan informasi seputar dunia hiburan dan olahraga mulai dari sinopsis, fakta menarik, hingga jadwal pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 dan olahraga lainnya. Kini mau nonton apapun nggak pakai ribet karena #SemuaAdaDiVidio.

Artikel Terkait

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Attack on Titan: Detik-Detik Kehancuran Dinding Maria

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Ending Stand by Me Doraemon, Akhirnya Nobita Menikah Dengan Shizuka

Lima Karakter Teman Shinchan yang Selalu Menemani Petualangannya

Daftar Pemain The Break Upper, Febby Rastanty Jadi Pelakor

Daftar Pemain The Break Upper, Febby Rastanty Jadi Pelakor