Film Korea Parasite, Jeniusnya Boong Joon-ho Dalam Mengemas Cerita(2019)

Film Korea Parasite, Jeniusnya Boong Joon-ho Dalam Mengemas Cerita(2019)

Pasca kemenangan besar Parasite pada perayaan Oscar ke 92 pada 9 Februari 2020 kemarin, banyak pemberitaan dari Hollywood yang menyorot film garapan Bong Joon-ho ini. Hal ini karena Parasite adalah satu-satunya film di luar Hollywood yang memenangkan nominasi Best Picture. Tak hanya itu, film ini juga memenangkan penghargaan besar lainnya dan berhasil mencuri empat piala di ajang perfilman paling bergengsi di dunia.

Tak perlu kemana-mana untuk menyaksikan film ini, karena Film Parasite telah tayang perdana di Vidio pada 4 Maret 2020 lalu. Film yang menceritakan tentang ketamakan dan diskriminasi kelas sosial di Korea Selatan ini tentu sayang untuk dilewatkan. Untuk kamu yang belum pernah nonton drama korea satu ini, yuk cek sinopsisnya di bawah ini.

Baca Juga Sinopsis Signal Korean Drama Baeksang Award 2016

Sinopsis Film Parasite

Film Parasite bercerita tentang sebuah keluarga Kim yang miskin. Kim Ki-taek (Song Kang-ho) seorang mantan sopir yang menikah dengan Choong Sook (Jang Hye-jin) memiliki dua anak. Mereka bernama Ki-woo (Choi Woo-shik) dan Ki-jeong (Park So-dam) di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.

Karena semuanya pengangguran, mereka jadi sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Berbagai pekerjaan serabutan mereka lakukan, termasuk melipat kardus bekas sebuah restoran Pizza yang nantinya dijual lagi dengan upah minimum. Suatu hari, Ki-woo bertemu dengan temannya yang akan melanjutkan kuliah di luar negeri.

Teman Ki-woo menawarkannya untuk menggantikannya mengajar les di sebuah keluarga yang kaya raya. Karena merasa menjadi tumpuan keluarga, ia kemudian menyanggupi tawaran tersebut dan datang ke rumah keluarga Park sebagai guru les Bahasa Inggris untuk putri pertama mereka. Saat Ki-woo bertemu dengan keluarga Park, ia pun memiliki strategi untuk menarik keluarganya dari kemiskinan.

Satu persatu anggota keluarganya memiliki peran tersendiri agar bisa bekerja di rumah keluarga Park. Mulai dari adiknya, ayahnya dan ibunya memalsukan identitas mereka masing-masing agar terlihat menjual di mata keluarga Park. Antara kedua keluarga yang berbeda status sosialnya pun terjalin sebuah simbiosis mutualisme.

Saat Kim-woo dan keluarganya menyediakan layanan kemewahan bagi keluarga Kim, mereka juga memanfaatkan situasi itu untuk mengeluarkan keluarganya dari kemiskinan dengan menikmati setiap fasilitas di dalam rumah keluarga Park. Meski demikian, simbiosis ini tak bertahan lama. Dibalut dengan komedi yang ringan, film thriller ini memunculkan berbagai pertarungan antara keserakahan dan segala prasangka.

Review Film Parasite

Pasti kamu sedikit bingung bukan, Film Parasite mampu dihujani apresiasi dan mampu memenangkan Oscar. Namun memang semuanya bukan tanpa alasan, penasaran? Berikut alasan kenapa Film Parasite mampu menjebol masuk memenangkan piala Oscar dan juga sejumlah penghargaan.

1. Menggambarkan Pertarungan Kelas Melalui Hal Kecil

Jelas terlihat Kim Ki-taek membunuh Park Dong-ik hanya karena gak tahan oleh mulut majikannya itu yang memperlihatkan gimik bahwa Ki Taek ga kuat oleh bau badannya. Bau di sini memang menjadi gambaran kelas sosial, kenapa? Orang kaya dengan gampangnya memperwangi badan mereka, apalagi orang kaya juga dekat dengan perawatan dan bau badan yang selalu terawat. Gak heran kan kalo stigma di masyarakat sekarang, jika ketemu sama orang asing berkelas pasti kamu nanya di dalam hati “Pake parfum apa nih?”. Balik lagi, Parasite mampu menyentil hal-hal kecil tentang sensitifnya kesenjangan sosial hanya melalui gimik dan perkataan.

2. Mengangkat Masalah Ekonomi Dengan Gambaran Visual

Tidak ada yang paling ampuh menggambarkan situasi perekonomian selain menggunakan kontak visual. Bong Joon-ho tidak hanya cerdas membangun cerita, namun ia juga mampu memilih latar yang real dan kadang menahan mampu napas penontonnya. Gambaran rumah yang sangat sempit, wc yang lebih tinggi daripada penghuninya, ruang bawah tanah, hingga wifi aja nyolong dari tetangga. Sementara itu untuk kaum elit Bong Joon-ho menggambarkannya sangat sederhana dan tidak terlihat berlebihan.

3. Booster Film yang Telah Mencatat Sejumlah Prestasi

Sebelum Film ini memenangkan Oscar, Parasite sendiri telah menunjukan tajinya sebagai film terbaik asia. Mulai dari Festival Film Cannes Palme d’or, Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globes 2020, Outstanding Performance by a cast in a Motion Picture di SAG Award, hingga dua piala di BAFTA Awards. Semua diboyong dengan kategori sutradara terbaik, film internasional terbaik, naskah terbaik dan beberapa kategori lainnya. Dengan sejumlah penghargaan yang didapatkan, dirasa pantas film Parasite masuk dalam jajaran film yang diapresiasi oleh Oscar.

4. Jalan Cerita Terbaik

Pada awal cerita pasti kamu sudah disuguhkan dengan kelarutan dan kecerian dari keluarga Kim Ki-taek walaupun keluarga tersebut melarat miskin. Penonton dari awal sudah dibuat dekat dengan tiap karakter melalui humor, satire, dan gambaran situasi kontradiksi yang membuat kamu melongo tercengang. Dengan caranya mengemas jalan cerita yang begitu halus dan terkesan tidak memaksa siapa yang jahat dan siapa yang benar, dirasa Parasite mampu memperlihatkan naifnya orang kaya dan perjuangan si miskin untuk mendapatkan hidup yang layak. Jalan cerita juga tidak akan berjalan baik tanpa adanya musik yang pas dan penata efek yang dirasa simpel dalam film ini.

5. Drama Yang Menohok

Tentunya seperti yang kita ketahui drama korea memang unggul di genre “drama”. Dirasa film Parasite memang mempunyai predikat drama yang cukup kental dan menjadi inspirasi film-film lainnya. Selain itu juga sepertinya Film Parasite juga menjadi salah satu film yang mampu mengangkat drama korea menjadi tontonan yang menghibur dunia. Menjadi penggerak perfilman Asia memang pantas bukan jika dihargai oleh penghargaan perfilman tertinggi di dunia? 

Nah tunggu apalagi? Temukan kelanjutan dari kisah Keluarga Kim dan Park dengan nonton film Parasite sub indo di Vidio! Parasite akan tayang perdana di Vidio pada tanggal 4 Maret 2020 dan jangan lupa untuk berlangganan paket Premier di Vidio untuk bisa menyaksikan Parasite dan film-film garapan Bong Joon-ho seperti Mother. Untuk kamu yang ingin melihat rekomendasi film menarik lainnya bisa kunjungi blog Vidio sekarang juga.

Trailer Film Parasite di Vidio

Related Posts

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

Bikin Nostalgia, Yuk Nonton Sinetron Terbaik dan Terviral di Vidio

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

3 Langkah Cepat & 4 Tips Belajar Mengaji untuk Anak Kecil

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Pesona Giorgino Abraham, Pemain Turn On Original Series Vidio

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

Streaming Persib Bandung, Klub Sepak Bola Pangeran Biru Indonesia

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Januari Spesial: Nonton Drakor Gratis!

Tags