Sinetron Dari Jendela SMP, Karya Mira. W Tentang Pentingnya Seks Edukasi Bagi Anak

Sinetron Dari Jendela SMP, Karya Mira. W Tentang Pentingnya Seks Edukasi Bagi Anak

Kisah percintaan remaja SMP yang rumit, diadaptasi dari karya Mira.W tahun 1983. Sebagai pembelajaran pra-remaja anak muda tentang seks edukasi dan perhatian orang tua.


Sinetron Dari Jendela SMP adalah salah satu Sinetron yang tayang di SCTV pada Juni 2020. Sinetron yang disutradarai oleh Indrayanto Kurniawan dan dibintangi oleh artis cilik yang notabennya adalah darah campuran atau blasteran seperti, Sandrinna Michelle, Rey Bong, Emiliano Fernando Cortizo, Keisha Alvaro dan Saskia Chadwick menjadi salah satu sinetron yang ditunggu-tunggu. Film ini baru dirilis dan memasuki episode 15 part2/2 dari 1 season.

Sinetron satu ini mengisahkan percintaan remaja yang berbeda status keluarga dengan permasalahan yang konyol, dengan keluguan khas anak SMP. Sinetron garapan Sinemart ini memang diadaptasi dari novel Mira.W yang dirilis pertama kali oleh Gramedia tahun 1983. Jadi permasalahan konyol ala jaman ’80-an memang sengaja tidak diubah agar terlihat ke authentic-kannya.

Sinopsis Sinetron Dari Jendela SMP

Joko (Rey Bong) adalah anak asisten rumah tangga ibu Inah (Ria Probo). Keluarga ini bekerja di rumah bapak Prapto (Fendy Pradana) yang memiliki yayasan sekolah Nusa Bangsa. 

Joko adalah anak sekolah yang berprestasi, oleh karena itu Joko berhasil masuk sekolah bergengsi Nusa Bangsa melalui jalur prestasi. Walaupun begitu, Joko tetap mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari teman-temannya, karena Joko adalah anak seorang pembantu di lingkungan sekolah bergengsi. 

Disekolah Joko suka dijahili oleh Gino (Emiliano Fernando Cortizo) dan Joko dijuluki  JAB alias Joko Anak Babu. Melihat pembullyan itu Wulan (Sandrina Michelle) tidak bisa diam saja karena ia adalah seorang ketua kelas.

Wulan merupakan seorang ketua kelas yang berprestasi, cantik, dan salah satu primadona di Nusa Bangsa. Dibesarkan oleh orang kaya, Wulan bukan sosok yang tinggi hati dan selalu bersikap sederhana. Ayahnya Lukman (Umar Lubis) adalah seorang pengusaha sukses, dan ibunya Linda (Ratu Dewi Imasi) adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki pendidikan yang tinggi dan sangat penyayang.

Pada suatu saat Joko tertarik kepada wulan karena kerap kali membelanya jika Joko dibully. Mulai lah Joko mendekati Wulan dengan cara mengirim beberapa surat cinta ala SMP. Wulan pun terkesan dengan cara Joko yang berbeda dari cowo lainnya yang mendekati Wulan dengan surat. 

Setelah mereka mulai dekat, suatu hari Joko mengantarkan Wulan pulang sekolah dengan menggunakan sepedanya, namun cuaca pun menghendaki hujan lebat pada saat itu, alhasil mereka berdua berteduh di sebuah gedung tua dan mereka melakukan hal yang tidak pantas mereka lakukan.

Mulailah permasalahan timbul, dimulai dengan kesalahpahaman tentang kehamilan dari peristiwa belakangan yang mereka lakukan, sampai perbedaan keluarga yang membuat mereka terkucilkan.

Kontroversi Film

Mira W memang seorang penulis yang terkenal pada eranya yaitu sekitar 37 tahun lalu. Karya novel novel-berharganya seperti masih ada kereta yang lewat, seandainya aku boleh memilih, limbah dosa dan lainnya masih melekat dengan masyarakat yang hidup di zamannya.

Dengan gaya penulisan yang sederhana dan apa adanya ternyata cerita yang diadaptasi dari Novel Dari Jendela SMP menjadi kontroversi publik. Tak sedikit mengatakan karya satu ini terlalu vulgar dan kurang mendidik, apalagi sinetron satu ini akan tayang di SCTV dan di Vidio yang mana akan dinikmati dari segala usia.

Memang jika kamu baca novelnya, cerita ini mengangkat percintaan remaja yang hamil di luar nikah, namun Direksi SCTV David Suwarto memastikan alur cerita Dari Jendela SMP berbeda dengan cerita asli dari Novel. Cerita ini tetap akan orisinil dengan adaptasi sentuhan yang berbeda.

Film Seks Edukasi

Film satu ini mungkin akan berubah menjadi salah satu film yang mengedukasi penontonnya dan juga orang tua agar memperhatikan anak-anaknya pada saat menonton, oleh karena itu film satu ini masuk kategori film keluarga.

Positifnya adalah untuk orang tua bisa mengambil contoh dari film ini sambil memberi tahu kepada anaknya dampak dari kehamilan di luar nikah. Biarkan sang anak mencari tahu setiap adegan dari film ini dampak dari kehamilan di masa usia yang belum matang, sehingga si anak juga akan menanamkan sendiri kepada dirinya bahayanya kehamilan di luar nikah.

Mungkin ada satu dua adegan yang membuat orang tua kikuk dan sulit menjawabnya jika anak-anak bertanya, tapi memang semua harus dijelaskan secara logika, sehingga anak tumbuh dapat berpikir lebih dewasa dan komunikatif. Oleh karena itu, bimbingan orang tua pada saat anak menonton sangat dibutuhkan.

Penasaran nonton film Dari Jendela SMP? Tonton sekarang sinetron Mulai Dari Jendela mulai dari episode 1 di Vidio dengan cara berlangganan premier. Selain itu juga nikmati ribuan film yang akan menemani kamu di masa Pandemic ini yang ditawarkan oleh Vidio. Sahabat Vidio juga bisa berlangganan dengan menikmati promo-promo yang berlaku loh! Pasti tambah seru nonton film HD dan original bersama Vidio.

Related Posts

Rekomendasi Film FTV di Vidio yang Kocak dan Penuh Romansa Cinta

Rekomendasi Film FTV di Vidio yang Kocak dan Penuh Romansa Cinta

5 Sinetron Ini Siap Temani Kamu Saat Ramadhan

5 Sinetron Ini Siap Temani Kamu Saat Ramadhan

Sinetron Istri Kedua SCTV

Sinetron Istri Kedua SCTV

Sinetron Kisah Cinta Anak Tiri

Sinetron Kisah Cinta Anak Tiri

No Comment

Leave a Reply