Paralimpiade Tokyo 2020: Bangga! Indonesia Kantongi Total 9 Medali

Paralimpiade Tokyo 2020: Bangga! Indonesia Kantongi Total 9 Medali

Bangga! Indonesia meraih total 9 medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yang dihelat mulai pada 24 Agustus hingga 5 September 2021 kemarin. Dengan hasil 9 medali, menempatkan Indonesia berada di posisi 43 daftar perolehan medali.

Kesembilan medali yang berhasil dikantongi kontingen Indonesia antara lain 2 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Para bulu tangkis menjadi cabang olahraga yang paling banyak menyumbangkan medali bagi Indonesia, tercatat total 6 medali berhasil diringkus oleh atlet para bulu tangkis Tanah Air.

Mengulas kembali raihan medali Indonesia, Ni Nengah Widiasih menjadi atlet pertama yang berhasil mendapatkan medali bagi Indonesia. Turun di cabor para powerlifting atau angkat beban putri kelas 41 kg, Nengah akhirnya berhasil meraih medali perak, pada Kamis (26/8) di Tokyo International Forum.

Selang sehari pada Jumat (27/8), giliran Saptoyogo Purnomo  yang berhasil mendapatkan medali perunggu pada cabor atletik nomor lari 100 meter T37 putra. Kemudian, perwakilan cabor tenis meja, David Jacobs juga berhasil mempersembahkan medali perunggu setelah sukses mengalahkan Mateo Boheas (Prancis) pada Sabtu (28/8) di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

Baca juga: Paralimpiade Tokyo 2020: Jadwal Atlet Indonesia Cabor Para Bulu Tangkis

Di dua hari terakhir menuju berakhirnya Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia malah semakin gancer mencuri medali lewat cabor para bulu tangkis. Suryo Nugroho menjadi atlet bulu tangkis pertama yang meraih medali (perunggu) yang turun di nomor tunggal putra SU5. Lanjut, ada nama Deva Anrimusthi yang tampil di nomor dan kategori yang sama, mampu mendapatkan medali perak setelah berjumpa pemain asal Malaysia Cheak Liek Hou. 

Kemudian, medali emas Indonesia di Tokyo Paralympics 2020 dipersembahkan oleh pasangan Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah yang tampil di nomor ganda putri SL3-SU5. Mereka berhasil menumbangkan pasangan asal China Cheng Hefang/Ma Huihui 2 set sekaligus 21-18 dan 21-12.

Di hari yang sama, setelah berhasil menang di nomor ganda putri, Leani Ratri Oktila harus tampil juga di final nomor tunggal putri SL4. Namun, atlet kelahiran 6 Mei 1991 itu harus puas dengan medali perak setelah berhadapan dengan Cheng Hefang di Yoyogi National Stadium.

Tidak berhenti di situ, Leani juga tampil di nomor ganda campuran SL3-SU5. Pada saat itu, Leani berpasangan dengan Hary Susanto dan kombinasi mereka berhasil menciptakan medali emas kedua. Tidak mau ketinggalan, Fredy Setiawan juga turut menambah medali  (perunggu) Indonesia setelah berhasil membekuk Tarun Dhillon dan menjadi medali terakhir yang diraih atlet Indonesia di perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Paralimpiade Tokyo 2020: Indonesia Sementara Raih 3 Medali di Cabor Berbeda

Saksikan Video Raihan Medali Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

Artikel Terkait

Jadwal dan Link Live Streaming BRI Liga 1 2021 Pekan Kelima

Jadwal dan Link Live Streaming BRI Liga 1 2021 Pekan Kelima

Jadwal dan Link Live Streaming MPL ID S8 Pekan 7 Hari 3

Jadwal dan Link Live Streaming MPL ID S8 Pekan 7 Hari 3

BWF Sudirman Cup 2021: Jadwal dan Link Live Streaming Pekan 1

BWF Sudirman Cup 2021: Jadwal dan Link Live Streaming Pekan 1

Jadwal dan Link Live Streaming Liga 2 2021 Pekan 1

Jadwal dan Link Live Streaming Liga 2 2021 Pekan 1

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *