Resiko Berbahaya menggunakan VPN gratisan di Laptopmu!

Resiko Berbahaya menggunakan VPN gratisan di Laptopmu!

Resiko Berbahaya menggunakan VPN – Dengan adanya pembatasan akses internet yang dilakukan oleh pemerintah serta susahnya nonton film dan streaming bola, muncul banyaknya VPN gratisan yang menawarkan koneksi privasi terhadap akses yang lebih luas atau yang “tidak bisa terjangkau” oleh masyarakat.

Secara harfiah VPN adalah suatu teknologi komunikasi yang saling menghubungkan jaringan yang satu dengan lainnya secara privat melalui internet. Dengan kata lain, seseorang bisa terkoneksi secara privat walaupun menggunakan internet publik seperti hotspot Wi-fi.

Memang VPN sendiri mempunyai manfaat dalam penggunaanya tetapi tahukah kamu menggunakan VPN dengan menggunakan perangkatmu rentan kebocoran data ataupun virus malware yang bisa merusak laptop kamu?

Manfaat menggunakan VPN

VPN memang mempunyai kelebihannya sendiri saat kamu membutuhkannya, seperti saat kamu butuh streaming bola, nonton film dan banyak hal lainnya. Secara umum, VPN dapat menjaga kerahasiaan seseorang saat online dengan menyembunyikan koneksi ketika melakukan browsing di internet. Maksudnya, VPN akan menyamarkan nomor IP penggunanya sehingga tidak akan ada yang tahu dimana lokasi pengguna tersebut sebenarnya.

Pada awalnya VPN digunakan oleh IT perusahaan kantor untuk mengakses jaringan komputer kantor dimanapun mereka berada. Selain itu juga jaringan VPN (yang berbayar) dapat menjaga kerahasiaan dan keamanan data dari serangan peretas (hacker).

Seiring jaman VPN sudah beralih fungsi menjadi salah satu perangkat lunak yang digunakan oleh masyarakat untuk mengakses ke berbagai situs Internet berbayar atau diblokir. Meskipun VPN bisa digunakan untuk mengakali blokir, namun ternyata aplikas antiblokir ini punya dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Sayangnya, masih banyak pula yang belum sadar dampak buruk VPN ini bisa sangat merugikan dan seharusnya tak boleh disepelekan. Berikut ini dampak buruk yang harus kamu waspadai jika menggunakan VPN di laptop ataupun gadget kamu.

Resiko Berbahaya Menggunakan VPN yang Harus Kamu Waspasdai

Berikut ini beberapa 8 Resiko berbahaya menggunakan VPN yang harus kamu perhatikan dan ketahui sebelumnya:

  1. Kasus Penipuan

Kasus penipuan secara online sudah banyak ditemukan dan sulit untuk dijangkau keberadaannya. Jika kamu menggunakan VPN tentunya kamu juga akan membuka peluang untuk membuka data-data pribadi di perangkat lunak tersebut. Oleh karena hal itu pelaku biasanya akan mengetahui alamat, email, sampai no.telfon kamu untuk melakukan penipuan yang didapat saat kamu memasuki VPN tersebut.

  1. Mengandung Malware berbahaya
Illustration of virus detection

Bagi orang awam Malware sangat sulit dideteksi karena dapat muncul dalam berbagai bentuk tersembunyi di dalam VPN. Malware ini mampu mencuri informasi data yang bertujuan untuk mengirimkan iklan atau email spam kepada penggunanya. Bahkan melalui program berbahaya tersebut, bisa membajak akun penggunanya ketika sedang online

Tidak hanya itu, bentuk kejahatan dari Malware bisa dipakai untuk mencuri uang dan produk digital.

  1. Serangan Adware

Serangan Adware atau iklan yang suka muncul di landing page ataupun situs yang kamu buka juga mengganggu kamu dalam melakukan aktifitas bukan? Serangan Adware juga sangat menyebalkan karena kamu akan kesulitan melihat visual yang sebenarnya dan juga Adware membuat perangkat kamu jadi semakin lemot dan sulit untuk dikendalikan.

  1. Penurunan Koneksi Internet

Pernah ga sih kamu merasa saat membuka VPN koneksi internet kamu lemot banget? Yup, benar banget itu karena kamu menggunakan VPN atau browser yang “mengakali VPN” memaksa membuka jalur lintas dari situs yang kamu mau. 

Akses VPN bekerja dengan cara menambah jalur lalu lintas data baru agar bisa mengakses berbagai situs yang aksesnya diblokir. Lama kelamaan perangkat kamu akan kelelahan karena harus mengikuti lalu lintas VPN yang berat dan memungkinkan hp kamu menjadi lemot saat diakses dengan VPN maupun secara organic.

  1. Pencurian Bandwidth

Sejumlah penyedia layanan VPN gratis melakukan pencurian bandwidth dari para pemakainya, lalu menjualnya kepada pihak ketiga.

Salah satu contoh nyatanya penyedia layanan VPN bernama Hola yang berbasis di Israel. Layanan tersebut diketahui mencuri bandwith dari penggunanya yang dengan curang menjual informasi data melalui sister company, Luminati.

Bahkan dalam kebijakan sistemnya, Hola secara terang-terangan yang memungkinkan mereka untuk membagikan data penggunanya ke pihak ketiga. tentu hal ini menunjukan dengan jelas bagaimana VPN sungguh berbahaya.

  1. Pembajakan Browser

Salah satu cara VPN mendapatkan laba dari penggunannya yaitu dengan membajak browsernya. Pernah ga kamu membuka situs web dengan menggunakan VPN dan kamu tiba-tiba dialihkan ke web baru yang tidak kamu kenal dan hal itu muncul secara terus menerus? Cara ini akan terjadi ketika penyedia layanan mengalihkan browser ke website mitra mereka tanpa seizin penggunanya.

  1. Mengakses Data pengguna

VPN yang gratis tidak begitu saja membiarkan kamu secara gampang mengakses situs tanpa adanya keuntungan bagi mereka. VPN gratis biasanya mengumpulkan data penggunanya untuk dijual ke pihak yang membutuhkan data tersebut, biasanya perusahaan yang melakukan penjualan barang. Setelah mereka mengetahui data kepribadian kamu mereka akan mengakses dan melakukan spam penjualan yang tidak pernah kamu daftarkan data kepribadianmu sebelumnya kepada perusahaan tersebut.

  1. Minimnya Informasi kategori “Bantuan”

Kategori satu ini memang penting bagi setiap situs web. Dengan menggunakan VPN dan juga browser yang mengakali VPN biasanya jarang ditemukan kategori bantuan di dalamnya. Kamu menjelajah di situs web yang berbahaya tanpa adanya kategori bantuan sungguh beresiko dan minim tanggung jawab dari pihak kedua, oleh karena itu Sahabat Vidio berhati-hati ya!

Inilah beberapa resiko dari menggunakan VPN gratis maupun berbayar yang harus kamu cermati. Segala hal yang ingin kamu cari di Internet pastinya perlu berlangganan ataupun mendaftarkannya. Tidak ada jalan pintas yang tidak berbahaya, oleh karena itu jika kamu ingin nonton film HD atau streaming bola jangan gunakan VPN. Langganan Vidio sekarang gampang dan murah banget, selain itu juga banyak banget promo-promo yang ga bikin kantong kamu tambah kempes. Yuk, Streaming Bola La Liga dan Serie A hanya di Vidio dan temukan film-film kesayangan kamu mulai dari semua kategori hanya di Vidio! 

Related Posts

Part II — Understanding about RuleChain

Mengenal dasar RxSwift

Making Backward Compatible Adaptive Colors for Dark Mode in iOS

Automate Your Android App Bundle Publishing using Jenkins

No Comment

Leave a Reply